3 Cara Membaca Label Makanan Bagi Penderita Diabetes

Penyakit diabetes melitus adalah penyakit gangguan kadar gula darah.

DokterSehat.Com– Asupan berbagai jenis makanan pada penderita diabetes harus sangat diperhatikan. Bukan hanya makanan segar saja namun makanan dalam kemasan juga perlu diperhatikan kandungannya.

Dengan semakin berkembangnya kebutuhan kondisi kesehatan semakin banyak pula produk kemasan yang menyediakan produk dengan kandungan gula rendah atau khusus untuk penderita diabetes. Meskipun masih belum tersedia pada semua jenis bahan makanan namun produk tersebut bisa dijadikan pilihan oleh penderita diabetes.

Karena masih banyak produk kemasan yang belum memiliki produk khusus untuk penderita diabetes, maka penting untuk kita mengetahui label apa saja yang perlu diperhatikan.

Menurut California Pacific Medical Centre dan Mayo Clinic, ada 3 hal pada label makanan yang penting untuk diperhatikan penderita diabetes yaitu:

1.Takaran saji/jumlah saji

Dalam label pangan angka kandungan gizi yang tercantum adalah angka untuk satu kali sajian. Maka dari itu perhatikan berapa banyak harus mengonsumsinya agar sesuai dengan kebutuhan energi tubuh penderita diabetes.

2. Jumlah gram karbohidrat

Jumlah berapa gram karbohidrat sangat penting karena bepengaruh pada asupan gula pada tubuh. Kandungan karbohidrat total untuk penderita diabetes sebaiknya kurang dari 15 gram dalam satu kali sajian.
Untuk mengetahui berapa gram kebutuhan karbohidrat tubuh, maka harus dihitung sesuai dengan kondisi kesehatan penderita diabetes seperti apa jenis kelamin, usia, kondisi fisik tubuh dan aktivitas fisik tubuh. Utamakan memilih karbohidrat kompleks yaitu misalnya gandum utuh.

3. Kandungan serat

Perhatikan kandungan serat yang ada pada suatu produk kemasan. Kandungan serat yang tinggi akan mendukung penyerapan karbohidrat sederhana. Makanan dengan kandungan serat lebih dari 3 gram bisa menjadi pilihan.

Kebutuhan energi dan zat gizi penderita diabetes harus diperhitungkan dengan tepat, maka dari itu sebelum memutuskan mengonsumsi makanan baik segar ataupun kemasan, penting bagi penderita diabetes untuk berkonsultasi dengan tenaga kesehatan terkait berapa jumlah kebutuhuan zat gizinya.

Pemilihan makanan kemasan dengan label yang tepat akan mendukung kondisi kesehatan penderita diabetes dengan lebih optimal. Maka dari itu sebelum mengonsumsi makanan kemasan, penderita diabetes perhatikan dulu labelnya ya.