Terbit: 2 Mei 2018 | Diperbarui: 3 Mei 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Buah mangga merupakan buah dengan daging yang tebal dengan rasa yang khas. Selain memiliki kandungan serat yang tinggi, buah mangga juga baik dikonsumsi ibu hamil lho!. Apa saja manfaatnya?

doktersehat-buah-mangga-1024

Manfaat mengonsumsi mangga bagi ibu hamil

Buah mangga bukan hanya buah yang manis dan segar, namun juga sangat bergizi dan memiliki beberapa nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu hamil. Manfaat mengonsumsi mangga bagi ibu hamil antara lain:

1. Kaya akan vitamin A

Vitamin A bermanfaat untuk kesehatan kulit dan mata, pertumbuhan janin, perkembangan jantung, paru-paru, ginjal, mata, tulang, sistem peredaran darah, dan sisem pernapasan janin. Vitamin A juga diperlukan untuk membantu memperbaiki jaringan setelah melahirkan, menjaga sistem kekebalan tubuh, membantu metabolisme lemak, dan menjaga penglihatan tetap normal.

2. Kaya akan vitamin C

Mangga merupakan salah satu sumber vitamin C terbaik. Bagi ibu hamil dan janin, vitamin C penting bagi tubuh untuk membuat kolagen, serta bersama protein membentuk tulang rawan, tendon, tulang, dan kulit. Vitamin C juga membantu perbaikan jaringan setelah melahirkan dan membantu daya tahan tubuh.

3. Sumber vitamin B6

Vitamin B6 merupakan salah satu sumber nutrisi yang penting bagi perkembangan janin dalam kandungan. Vitamin B6 juga dapat membantu mengatasi mual-mual di awal kehamilan serta mempertahankan kadar glukosa dalam darah, dan mencegah beberapa masalah pada bayi baru lahir seperti eksim dan berat badan lahir rendah.

4. Mengandung kalori tinggi

Mangga merupakan salah satu buah dengan kalori tinggi. Mangga bisa menjadi camilan sehat bagi ibu hamil terutama di trimester ketiga. Pada usia kehamilan memasuki trimester akhir, ibu hamil membutuhkan kalori tinggi hingga menjelang persalinan. Mangga adalah salah satu camilan andalan yang dapat membantu Anda memenuhi gizi namun tidak membuat berat badan Anda melonjak naik.

Wah, banyak ya Mom khasiat mangga. Yang perlu diingat jika mengonsumsi mangga adalah jangan menambahkan terlalu banyak pemanis buatan karena mangga sudah memiliki kalori yang tinggi. Menambahkan pemanis atau apapun yang memiliki kalori tinggi justru membuat camilan mangga Anda menjadi tidak sehat.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi