Ini Manfaat Memakai Korset dan Risikonya

manfaat-korset-doktersehat_302779784

DokterSehat.Com– Perut yang membuncit tentu akan membuat penampilan tubuh kita tak sedap untuk dipandang. Untuk mengatasinya, kita tentu harus melakukan olahraga dengan rutin atau menata kembali pola makan agar lebih sehat. Selain itu, ada sebagian wanita yang memilih untuk menggunakan korset agar perutnya segera cepat langsing. Sebenarnya, apakah penggunaan korset ini cukup aman bagi kesehatan?

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa korset ternyata bisa memberikan tekanan pada pinggul dan beberapa tulang rusuk. Dengan memberikan tekanan ini, maka postur tubuh bisa menjadi lebih tegak sekaligus mendukung tulang belakang.

Bagi mereka yang mengalami nyeri otot, penggunaan korset bisa membantu mengurangi rasa nyeri tersebut. Selain itu, bagi wanita yang memiliki dada besar, maka korset bisa membuat mereka menurunkan risiko terkena nyeri punggung.

Baca juga: Hati-hati Bahaya Penggunaan Korset Pada Jangka Panjang

Selengkapnya akan dijelaskan manfaat menggunakan korset dan apa saja risiko korset, berikut di antaranya:

Manfaat Memakai Korset 

1. Memperbaiki postur tubuh

Manfaat memakai korset pasti akan memperbaiki postur tubuh Anda. Ketika membentuk tubuh dengan korset, maka seseorang dapat berdiri dalam posisi yang sempurna. Para pasien skoliosis dapat memakai ini untuk waktu yang lama untuk mengamati perbedaan yang nyata dalam struktur tubuh mereka. Mengenakan korset dapat membantu meredakan nyeri patah tulang belakang, kecelakaan mobil, cakram tergelincir, osteoarthritis, dan penyakit cakram degeneratif.

2. Meredakan sakit kepala dan migrain

Manfaat korset dapat memperbaiki postur yang mencegah syaraf dari tulang belakang berkontraksi. Hubungan antara otak dan tulang belakang tidak terhalang, dan ini mengurangi sakit kepala dan migrain.

3. Minimalkan kram menstruasi

Banyak wanita yang berterima kasih pada korset karena membantu mengurangi rasa sakit kram menstruasi. Saat memakainya di masa menstruasi, Anda dapat dengan mudah melakukan pekerjaan di rumah atau kantor tanpa mengalami rasa sakit. Memakai korset akan menempatkan kekuatan pada bagian perut yang berkontraksi uterus. Tekanan semacam ini mengurangi rasa sakit di bagian perut.

4. Cegah hernia perut

Korset perut menempatkan kompresi pada bagian tengah tubuh dan membantu mencegah hernia perut. Namun, lebih baik memakai korset setelah berkonsultasi dengan dokter Anda sehingga hernia perut tidak bertambah parah. Setiap orang memiliki tubuh yang berbeda sehingga sangat bergantung pada bagaimana tubuh Anda dapat mengatasinya. Dokter dapat memberi Anda panduan yang lebih baik terkait dengan tubuh Anda.

5. Meredakan nyeri punggung

Jika Anda mengenakan korset pelatihan pinggang, itu akan segera melindungi tubuh Anda dan memberikan punggung Anda dukungan yang baik untuk membantu meringankan dan meredakan nyeri punggung. Anda juga bisa memakainya sambil mengangkat beban atau berbagai tugas serupa.

Baca juga: Risiko dan Manfaat Korset Penyangga Perut bagi Ibu Hamil

Risiko Memakai Korset

1. Iritasi kulit

Iritasi kulit adalah masalah yang sangat umum dihadapi oleh banyak orang yang memakai korset. Ketika Anda mengenakan benda tertentu untuk waktu yang cukup lama, maka akan memicu gesekan pada kulit. Beberapa orang berpikir bahwa ruam tidak berbahaya demi mendapatkan bentuk pinggang yang sempurna. Untuk alasan ini, mereka tidak merasa terganggu dengan ruam pada kulit. Pinggang akan terbentuk sesuai keinginan Anda, namun mengorbankan kulit Anda.

2. Refluks asam

Orang-orang yang mengalami refluks asam sudah akrab dengan rasa sakit yang ekstrem yang ditimbulkannya. Ketika Anda mengenakan korset pelangsing, itu akan menekan bagian perut dan memberi tekanan pada perut . Oleh karena itu, kemungkinan mengalami masalah seperti gangguan pencernaan dan mulas maksimal. Ini tidak hanya akan memberi Anda rasa sakit tetapi juga akan menyebabkan fluks asam berulang. Refluks asam sangat berbahaya karena dapat memicu kerusakan jangka panjang pada dinding tenggorokan.

3. Sulit bernapas

Ketika tekanan cenderung di perut, maka Anda mungkin tidak bisa bernapas dengan baik. Beberapa orang mencari bantuan untuk mengencangkan korset pelangsing mereka agar terlihat lebih ramping tanpa mempertimbangkan kebutuhan pernapasan. Korset tidak hanya akan merampingkan pada bagian perut, tetapi juga mendorong seluruh jaringan internal agar sesuai bentuk pinggang yang diinginkan. Membatasi diafragma Anda akan mengurangi jumlah oksigen yang dihirup. Anda mungkin merasa sesak napas dan sedikit pusing. Ini juga bisa menyebabkan pingsan.

Baca juga: Ingin Punya Bentuk Tubuh Seperti Gitar Spanyol? Berikut 4 Tipsnya!

4. Memar

Korset perut terbaru sangat berbeda dari korset sebelumnya. Beberapa korset modern tidak cukup mampu memengaruhi tulang Anda. Karena alasan ini, ketika korset menekan tubuh Anda, tulang akan memar. Anda mungkin menganggap bahwa itu tidak berbahaya, tetapi memar pada tulang cukup menyakitkan dan bertahan untuk waktu yang lama. Korset tidak hanya berbahaya bagi orang dewasa, tetapi untuk anak-anak yang memakai korset di usia mereka yang semakin bertambah. Korset dapat memengaruhi pertumbuhan struktur tulang mereka.

5. Mati rasa

Mengenakan korset ketat akan berpengaruh pada darah yang mengalir di saraf Anda. Ketika saraf Anda tertekan, itu dapat menyebabkan kram, atau bahkan mati rasa di kaki Anda.

Ladies, itu dia manfaat memakai korset untuk tubuh Anda. Perlu waspada juga risiko yang ditimbulkan memakai korset, Teman Sehat!