Ini Keunggulan ASI untuk Perkembangan Otak Anak

doktersehat-bayi

DokterSehat.Com– Kita tentu sudah sangat sering mendengar bahwa ASI memiliki berbagai jenis zat gizi untuk bayi. Kandungan gizi ASI dapat mendukung kondisi kesehatan bayi dengan optimal. Namun ternyata ASI masih memiliki banyak manfaat lain yang dapat mendukung pertumbuhan dan perkembangan bayi utamanya perkembangan otak bayi.

Seperti yang kita ketahui, ASI merupakan makanan terbaik yang diberikan untuk bayi. ASI terbukti memiliki berbagai kandungan zat gizi yang lengkap untuk tubuh bayi. Zat gizi yang tersedia di ASI memiliki komposisi yang tepat dengan kondisi bayi serta memiliki ketersediaan atau penyerapan zat gizi yang lebih baik dibandingkan dengan susu non ASI.

Salah satu komposisi terbesar kedua, setelah air, pada ASI adalah lemak. Beberapa jenis kandungan lemak yang ada pada ASI dapat mendukung tumbuh kembang otak anak.

Kandungan lemak yang ada pada ASI ini memberikan asupan energi sebesar 50% dari total energi keseluruhan ASI. Meskipun begitu, kandungan lemak pada ASI lebih rendah jika dibandingkan dengan kandungan lemak di susu non ASI. Komposisi lemak yang ada pada ASI tersebut merupakan komposisi yang tepat untuk tubuh bayi. Sehingga bayi dapat tumbuh dan berkembang sesuai dengan kebutuhan lemak tubuhnya, yang tidak berlebihan.

Selain itu, lemak pada ASI memiliki keunggulan kandungan untuk perkembangan otak bayi, yaitu memiliki kandungan DHA. Kandungan ini sangat baik untuk perkembangan otak bayi. Kandungan DHA yang diperoleh bayi dari ASI akan lebih mudah diserap dan mendukung perkembangan otak bayi lebih optimal.

Umumnya komposisi lemak pada ASI yang memengaruhi terbentuknya kandungan DHA adalah asupan makanan ibu selama menysui. Asupan makanan ibu selama menyusui terbukti memiliki pengaruh dengan banyaknya jenis lemak lemak yang dikonsumsi oleh ibu selama masa menyusui. Sehingga ibu sebaiknya mencukupi kebutuhan lemak hariannya selama menyusui.
Dapat diutamakan lemak yang kaya akan DHA yang berasal dari ikan seperti ikan salmon atau tuna.

ASI memiliki berbagai jenis zat gizi yang bermanfaat untuk mendukung kondisi kesehatan bayi. Selain itu, kita juga mendapatkan manfaat lain dari ASI yaitu adanya kandungan DHA untuk mendukung perkembangan otak bayi menjadi lebih optimal.