Ini Jus yang Ampuh Melancarkan Pencernaan

penyebab kram perut.

DokterSehat.Com– Jus merupakan olahan minuman yang kaya rasa dan manfaat untuk kesehatan. Manfaat yang kita rasakan dari meminum jus tentu kita peroleh dari bahan baku pembuatan jus yang umumnya adalah buah dan sayur yang kaya vitamin, mineral dan serat. Pemilihan bahan baku jus yang tepat akan meningkatkan manfaatnya untuk tubuh.

Beberapa jenis buah dan sayur memiliki kandungan tertentu yang mendukung dan ampuh untuk meningkatkan fungsi melancarkan pencernaan. Kandungan yang terdapat pada buah dan sayur tertentu ini akan melancarkan proses buang air besar karena kandungan tersebut dapat merangsang gerakan peristaltik dari usus besar.

Kandungan yang dapat mendukung fungsi untuk melancarkan pencernaan tersebut adalah serat, pektin, kalium dan magnesium. Beberapa jenis buah dan sayur memiliki kandungan tersebut namun dalam jumlah yang tidak sama di setiap jenisnya. Sehingga selain kita mengonsumsinya secara langsung, pembuatan jus dengan cara mencampur beberapa jenis buah dalam satu jus dapat dilakukan. Dengan mengkombinasikan berbagai jenis buah yang memiliki kandungan serat, pektin, kalium dan magnesium kita akan memperoleh manfaatnya yang maksimal.

Menurut pakar kesehatan Rita Ramayulis, beberapa kombinasi buah yang memiliki kandungan keempat zat gizi tersebut dapat dibuat menjadi beberapa jenis jus antara lain:

  • Jus buah pepaya dicampur dengan anggur
  • Jus buah sirsak dengan kiwi
  • Jus buah mangga dengan pisang
  • Jus buah apel dengan belimbing
  • Jus buah pir dengan buah naga

Dalam satu porsi saji jus diatas terdapat kandungan air, serat, kalium dan magensium yang cukup untuk melancarkan buang air besar. Ukuran satu saji jus diatas adalah kurang lebih 250-300 ml jus (sedikit lebih banyak daripada gelas belimbing yang terisi penuh).

Selain kita mendapatkan manfaat, bahan baku dari jus tersebut juga cukup mudah untuk kita peroleh. Bagaimana? Apakah anda tertarik mencobanya?