Terbit: 3 Mei 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Memiliki tubuh yang ideal dan atletis adalah impian bagi setiap orang, khususnya pria. Dengan memiliki bentuk tubuh tersebut diyakini bisa meningkatkan rasa percaya diri, apalagi ketika bertemu dengan orang lain. Maka tak heran jika banyak pria yang berlomba-lomba untuk membentuk massa ototnya di pusat latihan.

Ini Jumlah Protein yang Diperlukan Tubuh untuk Membentuk Massa Otot

Namun, di balim usahanya berlatih, tak sedikit pula yang merasa gagal sebab massa otot tidak terbentuk secara maksimal. Bukannya mendapatkan bentuk tubuh yang kekar, tapi semua seperti sia-sia karena apa yang diharapkan tidak menjadi kenyataan. Dengan begitu, banyak pertanyaan muncul tentang penyebab gagalnya proses latihan.

Sebenarnya banyak faktor yang menyebabkan hasil latihan tidak maksimal, salah satunya adalah tidak menjaga asupan makanan yang baik dan benar. Dalam hal kebugaran, yang perlu diperhatikan adalah asupan protein karena nutrisi itulah yang nantinya akan dibentuk menjadi otot.

Dilansir dari laman Medical Daily, orang dewasa yang aktif dalam latihan kebugaran memerlukan 10 persen protein dari jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh setiap harinya. Itu berarti, Anda memerlukan sekitar 0,8 gram protein perkilogram berat tubuh Anda. Misal, Anda memiliki kisaran berat badan 70 kilogram, maka Anda harus mengonsumsi 56 gram protein setiap hari.

Sebab, protein adalah nutrisi yang penting saat Anda melakukan latihan angkat beban. Salah satu manfaatnya adalah untuk melakukan pembentukan otot. Kemudian, jika ada otot yang rusak atau robek ketika dilatih, maka protein tersebut adalah salah satu nutrisi yang dikirim otak untuk membentuk sel baru yang menutup kerusakan tersebut.

Namun, ketika Anda berhenti melakukan latihan, maka jangan mengonsumsi protein terlalu banyak karena protein tersebut akan diubah menjadi lemak. Jadi, perbanyaklah mengonsumsi makanan yang kaya protein ketika Anda sedang melakukan latihan angkat beban untuk mempercepat pembentukan massa otot Anda.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi