Terbit: 1 Maret 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Diet rendah lemak, dari namanya saja kita sudah cukup dapat kita kenali bahwa diet ini dilakukan dengan mengurangi asupan lemak dalam tubuh. Namun tenryata ada hal lain, yang bukan tentang lemak, yang dapat mendukung keberhasilan diet rendah lemak.

Ini Juga Perlu Diperhatikan dalam Saat Melakukan Diet Rendah Lemak

Diet rendah lemak adalah diet yang dilakukan untuk menurunkan kadar lemak dalam tubuh. Dalam melakukan diet ini kita sebaiknya mengurangi berbagai jenis asupan lemak, utamanya lemak jenuh, memilih jenis minyak yang baik untuk digunakan selama menjalani diet, serta pemilihan jenis bahan makanan selain sumber lemak, misalnya protein baik dalam bentuk makanan atau minuman, yang rendah lemak.

Namun menurut penelitian yang dilakukan oleh Yale University School of Public Health Inggris, diet rendah lemak dapat memberikan manfaat yang lebih baik jika kita juga memerhatikan asupan zat gizi lain yang akan mendukung keberhasilan diet ini yaitu asupan makanan yang yang berasal dari tumbuhan (food plant-based).

Makanan yang berasal dari tumbuhan umumnya mengandung serat tinggi seperti buah, sayur dan protein nabati dapat dipilih untuk meningkatkan efektifivitas diet rendah lemak. Diet rendah lemak dengan food plant based terbukti memberikan efek yang sangat baik untuk mencegah terjadinya infark miokardia utamanya pada orang dewasa yang telah memiliki faktor resiko terjadinya gangguan pada kadar lemak darah tubuhnya.

Sehingga dalam penerapan diet rendah lemak, agar kefektivitasan diet dapat dirasakan oleh tubuh, pilihan bahan makanan yang berasal dari tumbuhan sebaiknya kita utamakan. Hal ini akan mendukung keberhasilan diet dan berpengaruh baik pada kadar lemak darah tubuh. Dengan penerapan diet rendah lemak yang tepat maka tujuan diet dapat tercapai dan kondisi kesehatan tubuh akan terdukung.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi