Terbit: 20 Februari 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Makanan ibu saat hamil tentu perlu diperhatikan. Saat hamil ibu perlu mengatur asupan dan pemilihan jenis makanannya agar asupan energi tidak berlebihan pada satu jenis makanan saja sehingga tetap dapat memenuhi prinsip gizi seimbang. Umumnya kita sudah menyadari bahwa ibu hamil harus menambah asupan makannya agar zat gizi tambahan tersebut dapat digunakan untuk janin. Sehingga sebenarnya tidak ada pantangan makanan apapun untuk ibu saat hamil.

Ini Jenis Makanan yang Sebaiknya Dihindari oleh Ibu Hamil

Meskipun tidak ada pantangan makanan untuk ibu hamil, ada beberapa jenis makanan yang sebaiknya dihindari oleh ibu. Jenis makanan ini biasanya jika dikonsumsi dapat menimbulkan gangguan pada pencernaan atau rasa tidak nyaman pada tubuh ibu hamil sehingga sebaiknya dihindari. Berdasarkan Kementerian Kesehatan RI, beberapa jenis makanannya adalah:

  • Makanan berlemak

Makanan yang berlemak akan meningkatkan resiko terjadinya rasa mual dan muntah pada ibu hamil. Makanan berlemak biasanya diperoleh dari makanan yang digoreng atau makanan yang bersantan. Asupan lemak yang berlebihan akan menyebabkan rasa tidak nyaman pada pencernaan ibu sehingga dapat menimbulkan rasa mual dan muntah yang berlebihan atau hiperemesis gravidarum.

  • Makanan berbumbu tajam

Sama dengan makanan berlemak, resiko ibu mengalami hiperemesis gravidarum lebih besar apabila ibu mengonsumsi makanan yang berbumbu tajam misalnya makanan pedas berlemak, atau makanan bersantan pedas. Umumnya ibu hamil akan lebih sensitif dalam mencium bau-bauan dari mkanan dan sering merasa tidak nyaman dengan bau dari makanan berbumbu tajam sehingga timbul rasa mual.

  • Makan porsi besar

Mengonsumsi makanan dalam porsi besar justru meningkatkan resiko ibu muntah. Pada awal kehamilan ibu hamil umumnya mengalami penurunan nafsu makan. Hal ini disebabkan adanya rasa mual pada ibu saat trimester pertama. Sehingga sebaiknya ibu makan dalam porsi kecil tapi sering.

Pemilihan makanan yang tepat akan membuat ibu tidak merasa mual selama kehamilan sehingga nafsu makan ibu tidak terganggu. Jadi sebaiknya hindari jenis makanan diatas agar ibu hamil tetap bisa makan banyak dan sehat ya.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi