Ini Hal yang Harus Kamu Perhatikan Sebelum Makan Anggur

doktersehat-cemilan-malam-hari-anggur

DokterSehat.Com– Anggur sering kita pilih sebagai sajian buah baik dalam bentuk utuh sebagai buah meja atau tambahan jenis bahan makanan lain seperti salad buah. Anggur biasanya selalu tersedia di pasar tradisional atau supermarket meskipun tidak selalu dalam jumlah yang besar. Sehingga kita bisa cukup mudah dalam memperoleh anggur apabila kita ingin mengonsumsinya.

Ada beberapa jenis anggur yang sering kita konsumsi antara lain anggur yang berwarna hijau, merah kehitaman atau ungu dan kehitaman. Berbagai warna anggur tersebut menunjukkan bahwa anggur merupakan jenis buah yang memiliki banyak manfaat seperti sumber vitamin seperti vitamun A, C dan B6, sumber mineral seperti kalium, kalsium dan zat besi, serta antioksidan polifenol yang bermanfaat bagi tubuh. Sehingga cukup banyak dari kita yang sering mengonsumsi anggur sebagai pilihan buah.

Meskipun memiliki banyak manfaat bagi tubuh dari kandungan vitamin, mineral dan antioksidannya, menurut pakar pertanian Nunung Nurjannah, ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan saat mengonsumsi anggur diantaranya:

1. Selalu cuci terlebih dahulu buah anggur
Kulit buah anggur termasuk sangat tipis jika dibandingkan dengan buah lainnya. Hal ini menyebabkan kandungan pestisida umumnya masih menenmpel pada buah anggur. Padahal tidak jarang kita mengonsumsi anggur secara langsung tanpa mengupas kulitnya terlebih dahulu. Maka dari itu kita disarankan untuk mencuci anggur dengan air mengalir terlebih dahulu sebelum mengonsumsinya.

2. Pastikan tidak alergi
Terdapat beberapa kandungan pada anggur yang dapat menyebabkan sebagian orang alergi. Apabila muncul gejala reaksi alergi seperi sulit bernafas, bengkak atau gatal setelah kita mengonsumsi buah anggur maka alergi akibat buah anggur dapat terjadi. Sebelum kita mengalami hal tersebut, ada baiknya kita mencari informasi medis terkait alergi yang dapat diakibatkan karena anggur.

Anggur merupakan buah yang kaya akan manfaat bagi tubuh kita. Sehingga jangan lupa untuk melakukan kedua hal diatas agar manfaat anggur tetap dapat kita rasakan ya.