DokterSehat.ComPenyakit jantung menjadi salah satu penyebab kematian dengan peringkat teratas di berbagai negara. Maka dari itu ada berbagai cara yang gencar dipromosikan untuk mendukung kesehatan jantung. Salah satunya adalah diet atau pengaturan makan yang baik untuk jantung.

doktersehat-konsultasi-jantung

Ada cukup banyak hal yang dapat memengaruhi kesehatan jantung seperti, aktivitas fisik, asupan makanan dan kebiasaan merokok. Pada poin asupan makanan, ada cukup banyak hal yang perlu diperhatikan untuk kesehatan jantung. Salah satunya adalah konsumsi makanan asin, manis dan berlemak.

Untuk itu mengatasi itu ada dua jenis diet yang jika kita terapkan mampu memberikan manfaat positif bagi jantung. Kedua jenis diet itu adalah diet DASH dan diet Mediterania.

Menurut penelitian yang dilakukan di Yale University of Public Health, penerapan kedua jenis diet tersebut mampu mendukung dan mengontrol fungsi jantung. Hal ini disebabkan diet DASH dan mediterania memberikan manfaat yaitu menurunkan tekanan darah dan berat badan serta mengontrol kadar gula dan kolesterol tubuh.

Diet DASH dan Mediterania adalah diet dengan prinsip pengaturan asupan garam atau natrium serta asupan makanan yang bervariasi dan seimbang porsi jenis zat gizinya.

Katherine Zeratsky, dietitian dari Mayo Clinic, menyebutkan ada tiga cara mudah untuk menerapkan kedua diet tersebut yaitu:

  1. Selalu menambahkan sayuran, paling tidak dalam dua kali makan besar (makan pagi, siang dan malam) serta menambahkan pada satu kali waktu camilan atau snack.
  2. Selalu mengonsumsi buah pada setiap kali makan
  3. Pilih kacang-kacangan sebagai campuran salad atau sebagai camilan

Dengan penerapan ketiga cara diatas maka kita telah menerapkan salah satu prinsip dari diet DASH dan diet mediterania. Jika sudah terbiasa, untuk selanjutnya kita bisa mulai mengubah kebiasaan diet dengan pembatasan asupan makanan yang asin, manis dan berlemak. Hal tersebut merupakan salah satu penerapan lanjutan kedua jenis diet diatas.

Jadi agar asupan makanan kita baik untuk jantung, penerapan diet DASH dan Mediterania bisa dipilih ya.