Terbit: 15 Februari 2018 | Diperbarui: 17 Oktober 2019
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Kita pasti sudah sering mengonsumsi berbagai jenis umbi-umbian, tidak heran karena jenis umbi-umbian yang tersedia kini ada dalam banyak jenis. Sebut saja singkong atau kentang, dua jenis makanan yang kini memiliki banyak bentuk olahan seperti keripik dan sebagai bahan dasar roti atau kue. Namun ternyata umbi sebenarnya bukan hanya bisa dijadikan sebagai pilihan snack atau jajanan saja. Umbi ternyata bisa dijadikan pengganti nasi.

Ini Dia, Umbi-Umbian Pengganti Nasi

Umbi-umbian termasuk ke dalam golongan makanan yang kaya karbohidrat sehingga umbi-umbian dapat dijadikan pilihan makanan bila kita merasa bosan makan nasi.

Berdasarkan Pedoman Gizi Seimbang dari Kementrian Kesehatan RI beberapa jenis umbi-umbian yang dapat dijadikan pengganti nasi yaitu:

1. Singkong
Singkong mudah ditemukan karena menjadi bahan dasar banyak jenis jajanan. Kini banyak pula tersedia dalam berbagai jenis olahan makanan yang menyasar kalangan muda seperti olahan singkong keju. Singkong setara kandungannya dengan 1 centong nasi (100 gram) apabila dikonsumsi sebanyak 1 setengah potong ukuran sedang (120 gram).

2. Talas
Dalam pengolahan sebagai jajanan, talas masih belum setenar singkong. Namun, talas mulai banyak dilirik sebagai sumber alternatif bahan makanan yang kaya karbohidrat. Kandungan 1 centong nasi setara dengan talas sebanyak setengah biji sedang (125 gram).

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Cetaphil Promo - Advertisement

3. Ubi Kuning
Ubi kuning cukup banyak diolah untuk sebagai jajanan. Sebanyak 1 biji sedang ubi kuning (135 gram) setara dengan 1 centong nasi.

Kini kita tahu apa saja umbi-umbian yang dapat dikonsumsi sebagai pengganti nasi. Saat mengonsumsi umbi sebagai pengganti nasi bukan hanya jenis yang perlu diperhatikan namun juga porsi. Hal ini penting agar kita dapat memperhitungkan seberapa banyak kandungan gizi dari umbi yang tepat untuk menggantikan kandungan gizi yang biasanya kita peroleh dari nasi. Jadi silahkan dipilih mau mengganti nasi dengan umbi yang mana.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi