Mitos dan Fakta Seputar Buah Pisang, Penting Anda Tahu!

Photo Credit : www.pexels.com

DokterSehat.Com– Buah pisang merupakan salah satu buah favorit yang digemari oleh semua orang, dari usia muda hingga tua. Buah ini bisa dikonsumsi langsung saat matang ataupun bisa diolah menjadi berbagai macam olahan yang dapat menggugah selera. Buah pisang memiliki rasa yang enak dan manis, jadi tidak masalah jika harus dikonsumsi secara langsung.

Terlepas dari rasanya yang enak dan manis, buah ini masih memiliki banyak kontroversi, terutama mengenai efek serta manfaatnya bagi tubuh. Banyak yang beranggapan bahwa buah ini memiliki kandungan nutrisi yang menyehatkan, namun tidak sedikit pula yang mengklaim bahwa buah ini juga akan membahayakan kesehatan jika dikonsumsi dalam porse berlebih.

Kalaupun benar demikian, tentu saja akan timbul rasa takut untuk mengkonsumsi buah ini. Namun, untuk mengetahui apakah mitor tersebut benar atau tidak, mari kita simak informasinya:

Mitos: Bagi penderita diabetes, buah pisang harus dihindari karena memiliki kadar gula yang tinggi.
Fakta: American Diabetes Association (ADA) mengijinkan buah pisang di konsumsi oleh penderita diabetes asalkan takaran dan kandugan karbohidratnya tidak berlebih.

Mitos: Pisang mengandung gula yang sangat tinggi.
Fakta: Pisang mengandung Vitamin B dan Fruktosa yang merupakan sumber gula alami yang aman dan baik untuk tubuh.

Mitos: Pisang dapat membuat perut menjadi buncit dan tidak cocok bagi yang sedang melakukan program diet.
Fakta: Pisang mengandung prektin dan kaya akan serat sehingga bisa membuat perut terasa kenyang lebih lama dan mengurangi rasa kembung. Pisang juga rendah lemak dan membantu menyeimbangkan kadar kolesterol serta pembakaran lemak. Selain itu, kandungan vitamin B6, mineral, dan potassium yang terdapat di dalam buah pisang juga bisa menyehatkan tubuh.

Mitos: Pisang wajib dihindari untuk penderita tekanan darah tinggi.
Fakta: Penderita tekanan darah tinggi tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung garam tinggi, pisang memiliki kandungan garam yang sangat minim. Di samping itu, pisang juga memiliki kandungan kalium yang baik unutk penderita tekanan darah tinggi, serta terdapat kandungan elektrolit yang tidak akan membahayakan tubuh.