Terbit: 2 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Masalah bau badan tidak selesai diatasi hanya dengan penggunaan deodoran. Sebelum terlanjur, ada baiknya mencegah. Lagipula, memiliki badan yang beraroma sedap, dapat memberikan kenyamanan bagi Anda dan siapa saja yang ada di sekitar. Caranya juga tidak sulit, selain menjaga kebersihan tubuh, Anda cukup pilih makanan yang baik untuk aroma badan seperti yang dilansir dari Natural Health on the Web.

Ini Dia! Makanan yang Bisa Mencegah Bau Badan

1. Konsumsi Sayuran Hijau

Selama ini, manfaat sayuran hijau untuk kesehatan tubuh memang tidak perlu lagi diragukan. Tidak hanya itu saja, sayuran hijau ternyata juga memiliki manfaat sebagai makanan pencegah bau badan. Masalah bau badan Anda bisa diatasi dengan lebih rajin mengonsumsi sayuran hijau seperti bayam, kale, brokoli, paprika hijau, dan jenis sayuran hijau lain. Seorang ahli Kimia dari University of Wisconsin mengatakan bahwa klorofil dalam sayuran hijau memiliki properti kheleat. Kheleat inilah yang dapat membantu klorofil mengeluarkan racun dari dalam tubuh.

2. Herbal Alami

Mint, lemon balm, rosemary, peterseli dipercaya mengandung antioksidan yang dapat membantu mengurangi mikroorganisme. Bahan-bahan herbal yang biasa digunakan sebagai bahan pembuat jamu juga bersifat antibiotik, sehingga bisa membantu mengurangi bakteri penyebab bau dalam tubuh. Jika kesulitan menemukan bahan-bahan herbal di atas, Anda bisa mencoba herbal-herbal asli Indonesia, yang memiliki kandungan serupa.

3. Konsumsi Buah-buahan

Buah-buahan juga memiliki manfaat untuk tubuh yang luar biasa. Meski begitu, untuk mencegah bau badan, Anda harus mengurangi konsumsi buah-buahan yang mengandung banyak kolin. Kolin yang pecah dalam tubuh menghasilkan trimetilamin yang dapat berpengaruh pada aroma tubuh. Lalu, buah apa yang banyak mengandung kolin? Di antaranya kiwi, anggur, plum dan apel. Anda bisa meperbanyak konsumsi jeruk bali, jeruk, strawberry atau blueberry sebagai penggantinya.

Masalah bau badan yang mengganggu, nyatanya bisa dicegah dari dalam. Bagaimana Anda mengatur dan menjaga asupan makanan dalam tubuh, menjadi penting untuk diperhatikan.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Sensodyne - Advertisement


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi