Terbit: 17 Februari 2018 | Diperbarui: 18 Oktober 2019
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Jus merupakan olahan minuman yang cukup mudah kita peroleh. Jus sering disebut sebagai minuman sehat yang tentu kaya akan kandungan vitamin. Buah-buahan yang segar dipadu dengan es tentu sangat menyegarkan apalagi jika diminum di siang hari.

Penyakit diabetes melitus adalah penyakit gangguan kadar gula darah.

Beragam jenis buah yang dapat kita pilih sebagai bahan pembuatan jus juga membuat kita seakan tidak bosan untuk meminum jus. Dari beragam jenis buah yang dapat kita buat sebagai jus, beberapa orang biasanya tertarik untuk mencampur atau mengkombinasikan dua jenis buah dalam satu jus. Hal ini tentu semakin meningkatkan cita rasa dan manfaat dari jus itu sendiri.

Kombinasi pada jus memang terasa lebih enak dan kaya manfaat. Semua orang tentu bisa merasakan manfaat dari meminum jus yang dikombinasi, termasuk juga penderita diabetes. Pada penderita diabetes, kombinasi jus sebaiknya dipilih dengan tepat dari segi pemilihan jenis buahnya.

Seperti yang umum kita ketahui bahwa pada penderita diabetes perlu dilakukan pengaturan asupan makanannya. Hal ini juga berlaku pada pemilihan jenis buah yang akan dikonsumsi oleh penderita diabetes, baik untuk dimakan langsung atau untuk diolah. Pemilihan ini penting dilakukan karena buah juga memiliki kandungan gula yang berbeda-beda di setiap jenisnya. Beberapa jenis buah memiliki kandungan gula yang tinggi sehingga sebaiknya tidak dipilih oleh penderita diabetes.

Beberapa jenis buah untuk jus apabila dipilih dengan tepat dapat membantu mengendalikan kadar gula tubuh. Buah yang dapat dipilih untuk penderita diabetes antara lain apel, belimbing, buah naga.

Berdasarkan buku Jus Buah dan Sayuran, beberapa kombinasi jus yang dapat dibuat oleh penderita diabetes adalah buah apel dan daun mint/ jus mint apel serta jus apel stroberi (buah apel dan stroberi). Buah apel dipilih sebagai bahan karena kandungan gulanya rendah sehingga baik untuk penderita diabetes.

Kombinasi dua jus tersebut cocok dan terasa nikmat, namun tidak hanya itu kombinasi jus tersebut juga sehat dan bermanfaat bagi penderita diabetes.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi