Terbit: 2 Mei 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Kita tentu sering menganggap bahwa kacang adalah camilan yang tidak sehat ya. Padahal kacang adalah bahan makanan tinggi serat yang bisa dijadikan pilihan camilan yang tepat saat diet. Namun sayangnya, ada cukup banyak pilihan kacang yang bisa jadi membuat diet kita justru gagal.

Ini Dia Jenis Kacang yang Tidak Boleh Dipilih Saat Diet

Kacang yang dianjurkan untuk diet adalah berbagai kacang yang tidak mendapatkan banyak tambahan rasa, tambahan bahan atau metode yang bisa menambah kalori dalam tubuh. Beberapa jenis kacang juga memiliki kandungan lemak yang tinggi lemak juga sebaiknya dihindari.

Jenis kacang yang sebaiknya dihindari saat diet adalah:

1. Kacang jenis macadamia dan pecan

Dilansir dari Health.com, dua jenis kacang ini ternyata memiliki kandungan kalori dan lemak yang tinggi dibandingkan dengan jenis kacang lainnya. Meskipun tidak begitu banyak kita peroleh di Indonesia, namun kacang macadamia kerap digunakan sebagai topping pada roti atau kue.

2. Kacang yang digoreng

Kacang tanah atau kacang mede yang digoreng memang semakin gurih ya. Sayangnya metode masak ini justru tidak dianjurkan saat diet karena akan menyebabkan asupan minyak jadi semakin meningkat. Lebih baik pilih kacang yang dipanggang untuk diet, ya.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku PTH - Advertisement

3. Kacang dengan lapisan cokelat

Cokelat memang cocok dipadukan dengan kacang, namun hal ini juga tidak tepat untuk diet. Tentu saja karena asupan kalori akan bertambah dari adanya tambahan cokelat pada kacang. Pilih camilan berbahan kacang saja atau kacang mix namun tanpa penambahan bahan tinggi kalori seperti gula atau cokelat.

4. Kacang dengan tambahan rasa bumbu

Penambahan bumbu buatan umumnya akan membuat olahan kacang menjadi lebih gurih dan juga tinggi natrium. Hal ini bisa membuat kita kesulitan mengatur porsi makan serta meningkatkan tekanan darah yang sebaiknya dihindari saat diet.

Nah, itu dia empat jenis kacang dan olahan kacang yang sebaiknya kita hindari saat diet, ya.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi