Ini Dia Contoh Sarapan Sehat Dalam PESAN

doktersehat-sarapan-sehat-pagi

DokterSehat.Com– PESAN atau Pekan Sarapan Nasional diperingati dalam rangka meningkatkan kesadaran untuk membiasakan sarapan. Kita semua tentu sudah tahu bahwa sarapan memberikan manfaat untuk tubuh kita. Sarapan dapat memenuhi 15-30% kebutuhan tubuh dalam sehari. Dengan sarapan maka kebutuhan awal hari untuk tubuh kita sudah terpenuhi.

Sarapan yang baik adalah yang terdiri dari golongan karbohidrat, protein dan sayur atau buah. Biasanya makanan yang kita makan saat sarapan adalah makanan yang praktis baik dari segi persiapan dan jenis bahan makanan yang dipilih. Dengan pemilihan bahan makanan yang tepat untuk sarapan maka kebutuhan awal hari bagi tubuh dapat bermanfaat dan mendukung aktivitas berpikir dan bekerja yang produktif.

Pergizi Pangan Indonesia memberikan beberapa contoh menu makanan yang baik untuk sarapan yaitu:

    • Bubur ayam dengan lauk hewani (telur, ikan atau ayam) dan buah

Bubur ayam sudah menjadi salah satu makanan yang biasa kita makan untuk sarapan. Penambahan lauk ayam, telur atau ikan sebagai protein sedangkan untuk buah dapat disajikan utuh atau diolah menjadi jus.

    • Mie rebus dengan sayur dan lauk hewani

Mie dapat menjadi pilihan sumber karbohidrat untuk sarapan. Sayur dapat ditambahkan dalam mie dan penambahan lauk hewani sebagai sumber protein.

    • Lontong dengan sayur berkuah dan lauk hewani

Lontong dengan sayur yang berkuah ditambah dengan lauk hewani baik telur atau ayam dapat dipilih sebagai pilihan sarapan yang baik.

    • Roti dengan lauk hewani dan sayur

Roti menjadi pilihan yang paling praktis dalam menyiapkan sarapan. Pemenuhan protein dan sayur dapat ditambahkan dalam roti sehingga roti tersaji dalam bentuk roti lapis

    • Nasi dengan lauk hewani dan sayur

Contoh ini sebenarnya biasa kita terapkan tidak hanya saat sarapan. Dimana umumnya dalam piring kita ada nasi, lauk ayam/ telur/ ikan, dan sayur. Namun kombinasi pilihan makanannya tetap tepat apabila kita gunakan saat sarapan.

    • Nasi dengan lauk hewani dan buah

Contoh ini mirip dengan menu pada nomor lima namun dalam piring hanya ada nasi dan lauk hewani saja. Sebagai pengganti sayur adalah buah yang boleh disajikan utuh atau di jus.

    • Sereal dengan susu dan buah

Meskipun sereal masih belum banyak dipilih sebagai pilihan makanan sarapan. Sereal cukup praktis dan penambahan susu atau buah dalam sereal dapat memenuhi kebutuhan awal harian tubuh.

Beberapa contoh diatas merupakan pilihan menu yang dapat kita terapkan untuk memenuhi kebutuhan awal harian tubuh. Bagaimana apa anda tertarik mencoba contoh menu diatas untuk peringatan PESAN tahun ini?