Terbit: 23 Januari 2020
Ditulis oleh: Muhamad Nuramdani | Ditinjau oleh: dr. Jati Satriyo

Bagaimana cara memakai kondom wanita? Jika selama ini Anda hanya mengenal kondom untuk pria, kini saatnya Anda mengenal kondom wanita. Saat ini ada banyak pilihan alat kontrasepsi yang bisa digunakan untuk menunda kehamilan.

Begini Cara Menggunakan Kondom Wanita yang Benar!

Sebelum menjelaskan tentang cara pakai kondom wanita, ada hal lain yang harus Anda ketahui. Dahulu kondom wanita terbuat dari bahan plastik tipis dan kuat bernama polyurethane. Namun, saat ini kondom dibuat dari bahan karet sintetis atau nitrile, bahan yang sama dengan kondom pria.

Kondom ini berbentuk selongsong panjang dengan cincin fleksibel pada kedua ujungnya. Satu cincin terbuka ditempatkan di luar vagina dan menutupi vulva, sedangkan cincin lainnya tertutup dan dimasukkan ke dalam vagina.

Cara Memakai Kondom Wanita

Kondom ini cukup aman untuk digunakan dan bisa dimasukkan ke vagina sekitar 8 jam sebelum berhubungan seks, sehingga tidak perlu menunggu ereksi seperti kondom pria. Lantas, bagaimana cara memakai kondom wanita? Berikut caranya:

1. Periksa Kemasan Kondom

Cara memakai kondom wanita yang pertama adalah memerhatikan kemasan kondom terlebih dahulu. Perhatikan kemasan kondom dalam kondisi baik dan lihat tanggal kedaluwarsanya.

2. Buka Kondom secara Perlahan

Keluarkan kondom dengan hati-hati agar tidak robek. Jangan gunakan gigi atau gunting, dan berhati-hatilah dengan kuku atau perhiasan yang tajam. Cara pakai kondom yang satu ini harus diperhatikan ya!

3. Menggunakan Pelumas

Cara pakai kondom bisa menggunakan pelumas tambahan berbahan dasar air atau berbasis minyak pada kondom untuk membuatnya lebih mudah dimasukkan ke dalam vagina dan meminimalkan suara mencicit saat berhubungan seks.

4. Masukan Kondom ke Dalam Vagina

Cara memakai kondom wanita yang benar dengan memilih posisi yang nyaman seperti duduk, jongkok, berbaring atau berdiri, seperti ketika Anda memakai pembalut atau tampon.

Pelintir ujung kondom yang tertutup menggunakan jari tengah dan jempol sampai lebih kecil atau runcing dan masukkan ke dalam vagina sejauh mungkin menggunakan jari telunjuk, dan pastikan cincin luar kondom tidak terpelintir. Cincin besar di ujung terbuka kondom akan menutupi area di sekitar lubang vagina – ini normal.

5. Pastikan Penis Masuk Kondom saat Berhubungan

Ketika Anda berhubungan seks, penis harus masuk ke dalam kondom wanita, bukan di antara kondom dan sisi vagina.

Anda dapat membantu membimbing pasangan untuk memastikan penis masuk dengan tepat. Pastikan sekitar 2,3 Centimeter cincin luar kondom yang terbuka berada di luar labia.

6. Putar Kondom Saat Dikeluarkan dari Vagina

Setelah tahu cara memasang kondom wanita, Anda juga harus tahu cara mengeluarkan kondom setelah berhubungan seks, yakni dengan memutar atau memelintir cincin kondom yang terbuka untuk mencegah air mani bocor dan tarik kondom dengan lembut keluar dari vagina.

Perlu diingat, jika wanita sudah menggunakan kondom saat berhubungan seks, sebaiknya pria tidak perlu menggunakan kondom karena jika sama-sama menggunakan kondom akan meningkatkan risiko kondom sobek.

Manfaat Kondom Wanita

Kondom ini memiliki berbagai manfaat, dari mencegah kehamilan hingga kenikmatan seks, berikut di antaranya:

1. Mencegah Kehamilan

Jika cara memasang kondom dilakukan dengan benar, kondom wanita cukup efektif mencegah kehamilan hingga 95 persen.

2. Seks Lebih Menyenangkan

Menggunakan kondom dapat membuat seks lebih menyenangkan bagi pria dan wanita. Selama hubungan seks vaginal, cincin bagian dalam kondom wanita dapat menstimulasi ujung penis, dan cincin luar kondom dapat menggesek vulva dan klitoris – ini bisa terasa sangat bergairah untuk kedua pasangan.

3. Kondom Wanita Bisa Pakai Semua Jenis Pelumas

Kondom ini bisa menggunakan semua jenis pelumas, baik berbasis minyak, air atau silikon. Dibandingkan kondom pria yang tidak dapat menggunakan dengan pelumas berbasis minyak karena dapat menyebabkan lateks rusak.

4. Bikin Pria Nyaman

Ukuran kondom untuk perempuan lebih besar dari kondom pria dan agak longgar pada penis. Ukuran tersebut memberikan ruang bernapas pada penis pasangan, yang menurut sebagian orang lebih nyaman dan membuat pria lebih mudah mempertahankan ereksi. Banyak pria lebih suka menggunakan kondom untuk perempuan karena alasan ini.

5. Tidak Mengiritasi Kulit Kelamin

Kondom ini terbuat dari bahan plastik lunak yang disebut nitril, sementara sebagian besar kondom pria terbuat dari lateks. Kondom ini bersifat hipoalergenik, artinya tidak akan mengiritasi kulit kelamin yang sensitif.

6. Mencegah Penyakit Menular Seksual (PMS)

Jika cara memasang kondom untuk perempuan tepat, alat kontrasepsi ini dapat membantu melindungi kedua pasangan dari penyakit menular seksual (IMS) dan HIV.

Kekurangan Kondom Wanita

Meski kondom ini memiliki banyak manfaat, terdapat beberapa kelemahan yang sering kali dikeluhkan oleh sejumlah wanita, antara lain:

  1. Beberapa wanita mengatakan kurang merasakan kenyamanan karena kondom ini mengurangi rangsangan pada area klitorisnya ketika berhubungan seksual.
  2. Bisa mengganggu aktivitas sesuai karena penggunaan kondom yang terbilang cukup sulit.
  3. Beberapa pasangan melaporkan kondom untuk perempuan mengeluarkan suara siulan atau mencicit saat berhubungan seksual. Ini kemungkinan karena gesekan atau udara dan biasanya dapat diatasi dengan pelumas.
  4. Apabila penggunaannya tidak sesuai dengan cara memasang kondom wanita yang baik, kondom ini juga memiliki kemungkinan untuk sobek.
  5. Kelemahan yang terakhir adalah harga kondom ini relatif lebih mahal dan tidak tersedia secara luas dibandingkan kondom pria.

Meski begitu, kondom untuk perempuan tergolong aman. Akan tetapi, kondom tersebut mungkin tidak sesuai bagi beberapa wanita yang tidak merasa nyaman ketika menyentuh alat kelaminnya sendiri atau memiliki alergi dengan kondom.

Bagi perempuan yang ingin mencoba kondom ini, sebaiknya baca aturan pakai, perhatikan masa pakai kondom pada kemasan, dan selalu pakai kondom yang baru. Jangan ragu untuk mengonsultasikan bagaimana cara pakai kondom wanita pada tenaga medis.

Di Mana Bisa Mendapatkan Kondom Wanita?

Kondom jenis ini tidak tersedia secara luas. Jika memerlukan kondom, Anda mungkin dapat membelinya dari:

  1. Apotek
  2. Supermarket
  3. Situs web

Pastikan kemasan kondom yang Anda beli memiliki tanda CE, ini merupakan tanda bahwa kondom sudah diuji dengan standar keamanan Eropa.

Jika Kondom Wanita Rusak Saat Digunakan, Apa yang Harus Dilakukan?

Kondom untuk perempuan kecil kemungkinan mengalami bocor, terutama jika digunakan dengan benar. Namun, jika kondom  robek atau bocor saat dikeluarkan dari vagina, atau jika cincin luar masuk ke dalam vagina, atau jika penis terselip antara kondom dan vagina saat berhubungan seks – maka ada beberapa hal sederhana yang dapat Anda lakukan, di antaranya:

  1. Segera tarik penis dari vagina.
  2. Bersihkan sperma sebisa mungkin dari area vagina.
  3. Hindari mencuci vagina bagian dalam atau anus (douching) karena cara ini dapat menyebarkan infeksi atau menyebabkan iritasi.
  4. Jika kondom bocor saat melakukan hubungan seks, segera ke kamar mandi dan buang air kecil untuk membuang sperma yang mungkin berada di dekat uretra.

Jika Anda khawatir akan tertular penyakit penyakit menular seksual, sebagian besar Dokter  akan menyarankan untuk melakukan tes kesehatan khusus penyakit menular seksual sekitar 10 hari setelah melakukan hubungan seks tanpa kondom atau jika kondom rusak (atau lebih awal jika Anda khawatir tentang gejala apa pun) dan kemudian melakukan tes kembali sekitar tiga bulan berikutnya. Ini karena penyakit menular seksual (PMS) yang berbeda akan terdeteksi pada waktu yang berbeda setelah infeksi.

 

  1. Female condom. https://www.mayoclinic.org/tests-procedures/female-condom/about/pac-20394129 (Diakses 23 September 2019).
  2. Female Condoms – How to Use a Female Condom. https://www.avert.org/sex-stis/safer-sex-hiv/female-condoms (Diakses 23 September 2019).
  3. The Disadvantages of the Female Condom. https://www.livestrong.com/article/31518-disadvantages-female-condom/ (Diakses 23 September 2019).
  4. Female condoms. https://www.nhs.uk/conditions/contraception/female-condoms/ (Diakses 23 September 2019).
  5. Female Condom. https://www.healthline.com/health/birth-control-female-condom#benefits. (Diakses 23 September 2019).


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi