Terbit: 7 Maret 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Apakah Anda sering merasa khawatir jika MPASI yang diberikan pada bayi terlalu sedikit sehingga bayi masih lapar? Atau sebaliknya, kita cemas Si Kecil mengalami kegemukan karena MPASI yang kita berikan terlalu banyak?

Berapa Banyak MPASI yang Harus Diberikan pada Bayi?

Berikan MPASI dengan Jumlah Tepat 

Nah, untuk menghindari hal tersebut, pemberian MPASI harus dilakukan dengan jumlah yang tepat agar asupan makanannya dapat tercukupi.

Tumbuh kembang bayi tentu akan semakin bertambah seiring dengan bertambahnya usia bayi. Hal ini juga akan meningkatkan kebutuhan gizi bayi. Untuk itu ,jumlah MPASI yang kita berikan harus sesuai.

Berikan MPASI Sesuai Usia Bayi

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Kids Baby - Advertisement

Asupan makan bayi akan diperoleh dari ASI dan MPASI. ASI tetap diberikan tapi kandungan gizi ASI semakin lama tidak mampu memenuhi kebutuhan gizi bayi, maka dari itu MPASI harus diberikan sesuai usia bayi agar asupan zat gizinya tidak berlebihan.

Menurut Kementerian Kesehatan RI dan UNICEF dalam Buku Pedoman Gizi Seimbang dan Booklet Pemberian Makan Bayi dan Anak, jumlah MPASI yang diberikan pada bayi adalah:

1.Usia 6-9 bulan

Pada awal usia 6 bulan (1-2 hari pertama) diberikan 1-2 sendok makan penuh. Kemudian ditingkatkan menjadi 2-3 sendok makan penuh. Setelah itu tingkatkan secara perlahan hingga menjadi setengah mangkuk 250 ml yang setara dengan 8-10 sendok makan penuh pada usia 9 bulan

2.Usia 9-12 bulan

Pada usia ini jumlah MPASI diberikan adalah setengah mangkuk 250 ml, yang membedakan adalah frekuensi pemberian MPASI meningkat daripada usia 6-9 bulan.

3.Usia 12-24 bulan

MPASI diberikan sebanyak ¾ mangkuk atau setara 190 ml. Angka tersebut sama dengan 15-18 sendok makan.

Jumlah pemberian MPASI tersebut diberikan pada setiap kali makan. Jumlah tersebut mampu memenuhi kebutuhan gizi bayi berdampingan dengan pemberian ASI.

Dengan memberikan MPASI yang sesuai jumlahnya, bayi tidak akan mengalami kekurangan asupan gizi atau kelebihan asupan gizi. Jumlah pemberian MPASI yang tepat akan mendukung tercukupinya kebutuhan gizi bayi.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi