DokterSehat.Com – Tahukah Anda, hubungan seks secara rutin dengan pasangan ternyata memiliki manfaat mengejutkan bagi kesehatan tubuh. Berbagai penelitian ilmiah mengungkapkan, hasrat untuk berhubungan intim sebenarnya sudah mampu menjadi energi positif yang mendorong naiknya sistem kekebalan tubuh.

Doktersehat-manfaat-berhubungan-intim

Kenyataannya, meski seks sudah banyak sering dibicarakan, banyak orang masih menganggap, membicarakan seks itu adalah sesuatu yang tabu. Soal manfaat seks juga telah banyak diungkap, meski sebagian orang masih menganggapnya sebatas anekdot, padahal itu adalah kenyataan.

baca juga: 4 Hal Aneh yang Dirasakan Wanita Setelah Berhubungan Intim

Berikut 7 manfaat berhubungan intim bagi-laki-laki:

1. Mengurangi risiko jantung dan stroke

Manfaat berhubungan intim yang sangat penting adalah kemampuannya mengurangi risiko penyakit tidak menular. Menurut penelitian dari Queens University, Belfast, pria yang berhubungan seks 3 kali atau lebih dalam seminggu maka risikonya untuk mengalami serangan jantung dan stroke akan berkurang hingga 50 persen.

2. Menjaga mood tetap positif

Aktivitas seks yang rutin membuat pria selalu berada dalam semangat dan mood yang positif. Selain bisa menghilangkan stres dan meningkatkan harga dirinya, manfaat berhubungan intim juga sebenarnya dapat mencegah munculnya depresi. Sebab saat bercinta hormon endorfin akan dilepaskan oleh tubuh.

3. Memperbaiki kualitas tidur

Manfaat hubungan intim yang biasanya dirasakan oleh pria adalah tidur lebih cepat. Kualitas tidur yang baik sangat penting untuk kesehatan pria, salah satu hormon lain yang dilepaskan saat bercinta adalah oksitosin, yang merupakan hormon untuk membantu membuat tidur semakin nyenyak. Mungkin ini salah satu sebabnya mengapa pria sering kali cepat tertidur setelah berhubungan seks.

4. Mengurangi risiko kanker prostat

manfaat berhubungan intim selanjutnya adalah melindungi pria dari kanker. Sebuah survei yang dilakukan National Cancer Institute menemukan bahwa pria yang rata-rata mengalami ejakulasi 21 kali per bulan memiliki risiko 33 persen lebih rendah untuk terkena kanker prostat daripada mereka yang hanya mengalami 4-7 kali ejakulasi per bulan.

5. Menghilangkan rasa nyeri

Bagi wanita, orgasme bisa membantu meringankan kram sebelum menstruasi. Sedangkan bagi pria,manfaat hubungan intim adalah bisa menjadi obat penghilang rasa sakit alami. Dalam sebuah studi, 48 responden diminta untuk menghirup uap oksitosin dan kemudian jari mereka ditusuk. Hasilnya, efek nyeri yang mereka rasakan berkurang hingga 50 persen. Hormon ini diketahui juga bekerja pada sakit kepala dan nyeri punggung.

6. Menjaga tubuh tetap bugar

Meski bisa membuat tubuh lelah, manfaat berhubungan intim yang bisa Anda rasakan adalah mampu membakar banyak kalori tubuh. Berlari selama 30 menit akan membakar sekitar 200 kalori, namun faktanya, bercinta selama lebih kurang 1 jam akan membakar kalori pria sebanyak 413 kalori.

7. Membuat kulit tampak lebih muda dan panjang umur

Penelitian telah menunjukkan bahwa manfaat berhubungan intim secara rutin membuat Anda terlihat lebih muda, bahkan mungkin 10 tahun lebih muda. Selain itu, sebuah studi dari British Medical Journal menemukan bahwa pria yang memiliki frekuensi orgasme tinggi, tingkat kematiannya 50 persen lebih rendah dibandingkan dengan pria yang jarang ejakulasi.

8. Meningkatkan testosteron

Manfaat hubungan intim yang utama adalah meningkatkan kadar testoteron. Salah satu cara untuk meningkatkan kadar testosteron secara alami adalah dengan melakukan hubungan seks. Memiliki tingkat testosteron yang sehat dan normal baik untuk jantung, tulang, otot, energi, dan konsentrasi Anda.

9. Meningkatkan libido

Manfaat berhubungan intim setiap hari yang tak kalah pentingnya adalah dapat meningkatkan libido. Semakin sering berhubungan seks, semakin besar kemungkinan ingin lebih banyak.

Jika 9 manfaat berhubungan intim untuk pria tidak memotivasi Anda untuk bercinta, ada beberapa masalah kesehatan yang perlu Anda periksa.

Berhubungan Intim Saat Hamil Tua Memperlancar Kelahiran?baca juga:

Salah satunya adalah libido rendah atau disfungsi ereksi (DE). Kondisi ini bisa disebabkan oleh stres atau masalah psikologis. Selain itu, kondisi ini bisa menunjukkan masalah hubungan atau bisa jadi masalah dengan ketidakseimbangan hormon. Mengalami DE juga bisa menjadi tanda awal penyakit jantung.

Berkonsultasilah dengan dokter tentang masalah ini sehingga Anda bisa mendapatkan bantuan yang tepat dan kembali memiliki kehidupan seks yang sehat dan menyenangkan.

Hal-hal yang dapat Anda coba di rumah adalah mengelola stres, makan dengan gizi yang cukup, berolahraga secara teratur, dan mengambil suplemen alami yang membantu meningkatkan libido.