Ini Dia 3 Manfaat Lemak Tak Jenuh Bagi Tubuh Manusia

Photo Credit : www.pixabay.com

DokterSehat.Com– Lemak tak jenuh adalah salah jenis lemak yang yang bersarang dalam tubuh manusia. Lemak ini juga dikenal dengan istilah unsaturated fat. Berbeda dengan jenis lemak lainnya yang merugikan, lemak tak jenuh justru memberikan berbagai manfaat pada tubuh karena sifatnya yang mampu mampu memberikan cadangan energi kepada tubuh. Berikut 3 manfaat lemak tak jenuh bagi tubuh manusia:

  • Meningkatkan HDL

Perlu dipahami terlebih dahulu, HDL merupakan kolesterol baik yang aman untuk tubuh walaupun kadarnya tinggi. Dengan meningkatnya kadar HDL dalam darah, maka kemungkinan risiko kolesterol akan sangat kecil. Sifat dari lemak tak jenuh juga stabil dan tidak seganas lemak jenuh sehingga penyumbatan dalam pembuluh darah dapat dihindari.

  • Mengurangi Risiko Stroke

Lemak tak jenuh juga dikatakan mampu mengusir lemak jenuh di dalam tubuh. Dengan terusirnya lemak jenuh di dalam tubuh, maka penggumpalan darah tidak akan terjadi. Seperti diketahui, lemak jenuh bersarang di beberapa organ tubuh, salah satunya adalah arteri. Dengan bersarangnya lemak jenuh di arteri, maka sangat berbahaya bagi tubuh karena bisa memicu datangnya berbagai penyakit, terutama darah tinggi dan stroke. Mada dari itu, lemak tak jenuh sangat berpengaruh positif bagi tubuh manusia.

  • Melancarkan pernapasan

Lemak tak jenuh juga bisa membuat pernapasan menjadi lebih lancar. Karena lemak tak jenuh dihasilkan dari makanan-makanan sehat seperti ikan, kacang-kacangaan, serta biji-bijian. Seperti diketahui, ikan merupakan makanan yang mengandung banyak kandungan baik, salah satunya Omega 3. Menurut studi yang dilakukan oleh Indiana University, orang yang rutin mengkonsumsi ikan memiliki tingkat pernapasan lebih baik daripada orang normal pada umumnya.