Terbit: 18 Maret 2017 | Diperbarui: 28 November 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Akhir pekan adalah waktu terbaik yang banyak digunakan orang-orang untuk keluar rumah. Cara ini dilakukan untuk meredakan stres akibat tekanan pekerjaan. Sayangnya, banyak dari kita yang mengunjungi tempat yang cenderung panas dan berdebu sehingga bisa membuat kulit kita menjadi kusam.

Ini Caranya Agar Kulit Tidak Mudah Kusam Meski Cuaca Sedang Panas dan Berdebu

Apakah ada cara yang bisa kita lakukan untuk membuat kulit selalu segar dan tidak kucel meskipun cuaca cenderung panas dan berdebu?

Pakar kesehatan kulit dr. I Gusti Nyoman Darmaputra, SpKK yang berasal dari DNI Skin Center menyebutkan bahwa untuk menjaga kesehatan kulit saat cuaca panas dan berdebu, ada baiknya kita segera menggunakan pelembap setelah selesai mandi.

Dengan menggunakan pelembap, maka kadar air pada kulit akan tetap terjaga sehingga akan membuat kulit tetap sehat, lembut, dan halus. Tak hanya itu, kita juga sebaiknya menggunakan tabir surya jika akan beraktifitas di bawah paparan sinar matahari langsung. Menurut dr. Darma, kulit yang kusam dan mengalami penuaan dini sering kali disebabkan oleh paparan sinar matahari.

Banyak orang yang memilih untuk mensiasati cuaca yang panas dan berdebu ini dengan lebih sering mandi. Menurut dr. Darma, hal ini tidak masalah untuk dilakukan karena memang bisa mendukung terjaganya kelembapan kulit.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku RT Mandiri - Advertisement

Hanya saja, menurutnya ada baiknya kita tetap menggunakan pelembap setelah mandi. Selain itu, beberapa orang memercayai bahwa ada baiknya kita tidak mengunakan saat mandi di tengah-tengah cuaca yang terik dan panas karena bisa merusak kelembapan kulit.

Dokter Darma justru menyebutkan bahwa tidak ada kaitan antara penggunaan sabun dengan kelembapan kulit. Hanya saja, bagi penderita kulit sensitif, ada baiknya memang tidak menggunakan sabun antiseptik yang bisa membuat masalah kulit kering menjadi semakin parah.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi