Terbit: 27 Maret 2020
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: dr. Antonius Hapindra Kasim


Cara mendeteksi kanker paru-paru dapat dilakukan dengan berbagai metode, mulai dari pemeriksaan fisik hingga pencitraan. Mendeteksi kanker paru dengan cepat dapat menentukan pilihan pengobatan yang tepat dan mempercepat penanganan. Adapun gejala kanker-paru, di antaranya batuk yang tidak kunjung sembuh, batuk darah, sesak napas, sakit dada, suara serak, dan penurunan berat badan.

cara-mendeteksi-kanker-paru-paru-doktersehat

Cara Mendeteksi Kanker Paru-Paru

Kanker paru-paru adalah salah satu penyakit mematikan di dunia. Berdasarkan data dari Departemen Pulmonologi dan Kedokteran Respirasi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI), pada tahun 2015, dari 668 kasus keganasan rongga toraks yang tercatat sekitar 75% merupakan kasus kanker paru. 

Penyebab paling umum dari kanker paru adalah kebiasaan merokok, hal ini berlaku untuk perokok aktif maupun pasif. Selain itu kanker paru merupakan penyakit yang sering baru terdeteksi ketika sudah stadium akhir, hal ini menyebabkan tingkat kematian kasus kanker paru cukup tinggi.

Guna mencegah dan mendapatkan perawatan kanker paru dengan cepat, berikut beberapa cara cek kanker paru:

1. Mengenal Gejala Kanker Paru-Paru

Awalnya, cara mendeteksi kanker paru-paru dengan melihat gejalanya. Gejala kanker paru-paru tidak menunjukkan tanda pada tahap awal kanker. Sebaliknya, sebagian besar kanker paru-paru didiagnosis pada stadium akhir penyakit, ini membuat pengobatan lebih sulit dan sebagai hasilnya secara signifikan dapat mengurangi tingkat kelangsungan hidup penderita kanker paru-paru secara keseluruhan.

Akan tetapi, ada beberapa gejala kanker paru-paru secara umum yang tidak mengkhawatirkan. Jika Anda mengalami salah satu dari gejala ini, segera berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat:

 



DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi