Terbit: 10 Maret 2018 | Diperbarui: 9 Maret 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Anda sedang berencana membeli suplemen omega-3? Kini sudah semakin banyak produk suplemen omega-3 yang mudah kita temukan di apotek maupun swalayan. Kira-kira bagaimana cara memilihya suplemen omega-3 yang tepat?

5 Cara Memilih Suplemen Omega-3 yang Tepat

Seperti yang sudah kita ketahui, omega-3 memiliki banyak manfaat untuk tubuh kita. Omega-3 penting untuk mendukung kelengkapan fungsi vitamin A, D dan protein untuk tubuh. Selain itu omega-3 mampu melindungi jantung dan pembuluh darahnya dari berbagai jenis panyakit. Omega-3 juga penting untuk melindungi dan menjaga ingatan dengan baik.

Dengan berbagai manfaat yang ada pada omega-3, kita tentu ingin mendapatkan manfaatnya dengan maksimal. Salah satu cara yang kita pilih adalah dengan mengonsumsi suplemen omega-3. Meskipun bisa kita peroleh dari makanan, namun suplemen masih kerap dijadikan pilihan memenuhi kebutuhan omega-3.

Untuk itu kita harus dapat memilih dengan tepat, menurut British Dietitian Association, cara memilih suplemen omega-3 yang baik adalah:

1.Pilihlah suplemen minyak omega-3

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Cetaphil Promo - Advertisement

Kita dianjurkan memilih minyak omega-3 (omega-3 oil)dibandingkan dengan minyak hati ikan (fish liver oil) karena suplemen miyak omega-3 yang memiliki kandungan omega-3 saja tanpa zat gizi lain.

2.Cek kandungan DHA dan EPA

Pada label kita dapat mengecek kandungan DHA dan EPA, kandungan yang baik untuk asupan harian orang dewasa adalah setara dengan 450 mg EPA dan DHA.

3. Cek kandungan vitamin A

The Scientific Advisory Committee on Nutrition menganjurkan untuk kita tidak mengonsumsi vitamin A yang lebih dari 1,5 mg. Hal ini dapat terjadi jika kita mengonsumsi kombinasi beberapa jenis suplemen. Maka dari itu teliti kandungan vitamin A pada suplemen omega-3 yang akan kita konsumsi agar asupan vitamin A tidak berlebihan.

4. Konsumsi dosis suplemen sesuai usia

Kebutuhan berbagai jenis zat gizi berbeda pada masing-masing kelompok usia. Perhatikan dosisnya jika ingin memberikan suplemen omega-3 pada anak-anak.

5. Konsultasikan dengan tenaga kesehatan

Jika masih ragu, berkonsultasi dengan dokter atau dietitian bisa kita lakukan agar pemilihan jenis dan penentuan dosis bisa sesuai dengan kondisi kesehatan tubuh.

Dengan memilih suplemen omega-3 yang tepat kita akan mendapatkan manfaat yang maksimal dari konsumsi omega-3. Jadi, selamat memilih suplemen!


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi