Terbit: 9 Maret 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Apa makanan yang terbaik untuk MPASI? Ada berbagai jenis bahan makanan yang tentu memiliki banyak kandungan gizi yang baik untuk tubuh anak. Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih bahan makanan MPASI yang baik.

4 Cara Memilih Bahan Makanan yang Baik untuk MPASI

MPASI adalah makanan yang melengkapi kandungan gizi yang mulai berkurang dari ASI. Maka dari itu pemilihan bahan makanan harus tepat agar berbagai jenis zat gizi, baik makro, vitamin dan mineral anak tetap terpenuhi. Pemilihan MPASI yang tepat akan mendukung tumbuh kembang anak yang optimal.

Menurut Booklet Pemberian Makan Anak dan Bayi yang dikeluarkan oleh UNICEF, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih bahan makaman untuk MPASI yang baik, diataranya adalah:

1.Bahan makanan dipilih agar kandungan gizi lengkap

Hal ini merupakan poin penting dalam membuat MPASI, kita harus memerhatikan bahwa kandungan karbohidrat dan protein pada bahan makanan tercukupi.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku PTH - Advertisement

Hal ini diperoleh dari makanan pokok seperti bubur beras dan telur, ayam atau ikan. Sedangkan zat gizi lain yang perlu diperhatikan adalah vitamin dan mineral. Kandungan vitamin dan mineral yang sudah sangat berkurang dari ASI antara lain vitamin A, C, asam folat, zat besi, kalsium dan zinc.

Untuk memenuhi kebutuhan vitamin kita sebaiknya memilih buah dan sayur yang berwarna kuning dan oranye sedangkan agar kebutuhan mineral tercukupi kita dapat memilih beragam lauk hewani yang secara bergantian dikonsumsi anak.

2. Tidak berbumbu tajam

Penggunaan bumbu tajam pada MPASI tidak dianjurkan. Sebaiknya kita menggunakan gula, garam dan bumbu alami secukupnya saja. Penggunaan kaldu alami dapat dijadikan pilihan pemberi cita rasa gurih pada MPASI.

3. Tidak memberikan MPASI selingan yang terlalu manis

Sebaiknya kita tidak memberikan selingan MPASI yang terlalu manis. Pemberian minuman, kue, biskuit atau jajanan lain yang terlalu manis dapat menyebabkan anak tidak suka dengan rasa alami pada MPASI dan menyebabkan anak sulit makan.

4. Tekstur mudah ditelan dan disukai anak

Penentuan tekstur sebenarnya disesuaikan oleh usia, namun hal ini juga penting diperhatikan sesuai dengan kebiasaan anak. Selain itu kreasi bentuk olahan MPASI yang menarik dapat meningkatkan nafsu makan anak.

Pemilihan bahan makanan yang tepat untuk MPASI akan mendukung tercukupinya gizi anak sehingga akan mendukung tumbuh kembangnya. Jadi selalu pilih bahan MPASI yang tepat, ya!


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi