Ini Cara Aman Memotong dan Merawat Kuku Bayi

DokterSehat.Com– Kuku bayi memiliki peran penting untuk melindungi ujung jari bayi yang lembut dan penuh saraf. Selain itu kuku juga berguna untuk menguatkan kemampuan jari saat menyentuh dan memegang. Kuku bayi juga perlu dirawat dengan baik. Kuku yang dibiarkan panjang dapat melukai bayi saat ia menggaruk atau mengisap jarinya.

Salah satu cara merawat kuku bayi adalah dengan memotong bayi dengan rutin agar tidak terlalu panjang. Cara memotong kuku bayi yang perlu diketahui oleh orang tua antara lain:

Lakukan di tempat terang
Ukuran kuku bayi masih sangat kecil. Karena itu butuh ketelitian dan kehati-hatian saat memotong kuku bayi. Dengan melakukannya di tempat yang terang Anda akan mudah membedakan mana kuku bayi dan jarinya sehingga mengurangi risiko jari bayi ikut tergunting.

Gunakan gunting kuku bayi
Karena kuku bayi masih sangat lembut dan tipis, sebaiknya hindari gunting kuku dewasa yang didesain untuk kuku yang padat dan keras. Gunakan gunting kuku bayi yang lebih kecil sehingga lebih pas untuk ukuran dan jenis kuku bayi.

Potong di waktu yang tepat
Sebenarnya tidak ada aturan khusus kapan waktu yang tepat untuk memotong kuku bayi. Namun setelah mandi, kuku bayi akan terasa lebih lembut dan lunak sehingga mudah dipotong. Anda juga bisa melakukannya saat bayi tertidur sehingga tangan dan kakinya tidak banyak bergerak. Jika melakukannya saat tidur, lakukan dengan perlahan agar bayi tidak terbangun.

Selain memotong kuku dengan rutin, Anda dapat menjaga kesehatan kuku bayi dengan menjaga kebersihan tangannya. Bila perlu oleskan pelembap jari dan kuku khusus bayi untuk menghindari kuku dan kulit di sekitarnya terasa kering. Untuk nutrisi kuku, ibu disarankan mengonsumsi makanan yang kaya protein dan vitamin B7 yang bisa didapatkan dari ikan, daging merah, susu, kacang almon atau telur.