Terbit: 8 Mei 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Daya tahan tubuh ibu hamil memang cenderung lebih lemah dibandingkan kondisi sebelum hamil. Hal ini menyebabkan ibu hamil lebih mudah terserang penyakit, termasuk cacar air. Berbahayakah cacar air pada ibu hamil?

Ini Bahaya Cacar Pada Ibu Hamil dan Janin

Mengenal cacar pada ibu hamil

Cacar air adalah infeksi yang disebabkan oleh virus varicella zoster. Virus ini menular lewat udara, sehingga kadang ibu tidak menyadari jika ia terkena virus tersebut. Bagi ibu hamil yang sudah pernah terkena cacar air, risiko untuk terinfeksi kembali lebih rendah daripada ibu yang belum pernah sama sekali terkena cacar.

Gejala cacar di antaranya demam, nyeri di bagian tubuh, lalu muncul ruam kecil kemerahan. Pada umumnya gejala cacar air akan muncul setelah 14 hari terpapar virus. Setelah muncul ruam, akan muncul bintik-bintik seperti lepuhan yang berisi air yang akan mengering setelah beberapa hari.

Bahaya cacar pada ibu hamil dan janin

Meskipun cacar air kadang dapat sembuh tanpa efek berbahaya apa pun, namun pada beberapa kasus cacar air termasuk salah satu penyakit berbahaya bagi ibu hamil. Ibu yang mengalami cacar air lebih rentan mengalami komplikasi berupa radang paru, hepatitis, dan ensefalitis atau radang otak.

Selain itu, bahaya cacar air pada ibu hamil tergantung dari usia kehamilan saat ibu mengalami cacar air. Jika cacar air terjadi saat kehamilan kurang dari 20 minggu, maka janin dapat mengalami risiko cacat yang dikenal dengan sindrom varisela kongenital.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Darlie - Advertisement

Cacat akibat cacar air bisa berupa gangguan penglihatan, ukuran kepala lebih kecil dari normal, timbul jaringan parut di kulit, serta gangguan pendengaran.

Jika cacar air terjadi di akhir kehamilan, maka janin akan berisiko mengalami cacar air segera setelah lahir atau yang dikenal dengan istilah varisela neonatorum. Kondisi ini perlu ditangani serius karena cacar dapat mengalami komplikasi ke berbagai organ.

Mencegah cacar air selama kehamilan

Cara yang paling efektif untuk mencegah cacar air adalah dengan melakukan imunisasi varisela sebelum mempersiapkan kehamilan. Bagi ibu hamil yang belum pernah terkena cacar air, cara terbaik menghindari cacar air adalah dengan menghindari pasien yang terkena cacar air.

Jaga kesehatan dengan makan makanan yang sehat dan cukup beristirahat. Segera periksakan ke dokter jika mengalami gangguan kesehatan selama kehamilan yang mirip dengan gejala cacar air.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi