Ini Alasan Mengapa Mengikat Rambut Bisa Membuat Sakit Kepala

DokterSehat.Com– Mengikat rambut memang akan sangat berguna saat kita melakukan banyak aktifitas. Dengan rambut yang lebih ringkas, kita tentu tidak akan merasa terganggu dengan pergerakan rambut atau merasa gerah. Sayangnya, rambut yang diikat atau dikepang bisa saja memicu masalah sakit kepala. Sebenarnya, apa sih penyebab dari munculnya sakit kepala saat mengikat rambut?

Pakar kesehatan Wade Cooper dari Michigan Medicine’s Headache and Neuropathic Pain Program menyebutkan bahwa ternyata tidak semua orang akan mengalami sensasi sakit kepala saat mengikat rambutnya. Dalam dunia medis, hal ini disebut sebagai ponytail headache syndrome. Yang menarik adalah, penyebab dari sakit kepala yang disebabkan oleh mengikat rambut dengan gaya ponytail atau kuncir kuda ini adalah kondisi kulit kepala yang terlalu sensitif yang tidak selalu dimiliki oleh semua orang.

Sebenarnya, saat kita mengikat rambut, ujung atau batang rambut yang tergerai tidak sensitif pada rasa sakit. Hanya saja, kulit kepala dimana akar rambut berada kaya akan saraf yang cenderung sensitif pada rasa sakit. Jika rambut yang dikuncir ini secara tidak sengaja tertarik, maka kulit kepala pun akan mengalami iritasi dan menyebabkan rasa sakit atau bahkan sakit kepala.

Karena alasan inilah ada baiknya kita tidak sembarangan dalam mengikat atau menguncir rambut. Jangan sampai mengikatnya dengan terlalu kencang karena bisa membuat kulit kepala tertarik atau menjadi lebih tegang. Tak hanya itu, penggunaan beberapa jenis tali ikat rambut seperti yang terbuat dari karet tipis juga sangat tidak direkomendasikan karena bisa membuat rambut menjadi lebih rusak atau mengalami masalah layaknya rambut bercabang atau semakin kusam.