Ini Alasan Mengapa Kita Tidak Bisa Mengingat Mimpi

mimpi-doktersehat
Photo Credit: Bright Side

DokterSehat.Com– Saat kita bangun tidur, seringkali kita kesulitan untuk mengingat kembali mimpi apa yang kita alami. Bahkan, meskipun kita sudah bisa mengingatnya secara samar-samar, sangatlah sulit untuk benar-benar mengingatnya kembali dengan jelas. Sebenarnya, apa penyebab dari hal ini?

Sebuah penelitian pun dilakukan untuk mencari tahu mengapa sangat sulit untuk mengingat mimpi. Hasil dari penelitian yang kemudian dipublikasikan dalam jurnal berjudul Neuropsychopharmacology ini pun menghasilkan fakta bahwa bagian otak bernama temporo-parietal junction akan mampu mengingat mimpi dengan lebih baik pada orang-orang yang memang berusaha untuk mencoba kembali mengingat mimpinya jika dibandingkan dengan orang-orang yang terbiasa menganggap mimpinya sebagai angin lalu.

Dalam penelitian yang melibatkan 41 partisipan ini, disebutkan bahwa 21 orang berhasil mengingat kembali setidaknya 5 mimpinya dalam 1 minggu. Sementara itu, sisa partisipan lainnya hanya mampu mengingat mimpi sebanyak 2 buah dalam durasi waktu yang sama.

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa orang-orang yang cenderung mudah mengingat mimpi ternyata memiliki masa yang lemah saat malam hari sehingga otak mereka cenderung lebih mudah bereaksi pada suara-suara saat bangun tidur. Hal ini berbanding terbalik dengan orang-orang yang sulit mengingat mimpi yang cenderung susah merespons suara-suara yang gaduh atau bahkan tidak mudah kaget meskipun di lingkungan sekitar tempatnya tidur sangat ramai atau bising.

Otak yang cenderung lebih aktif ternyata membuat seseorang lebih mudah bangun tidur dan uniknya hal ini juga akan membuat proses penyimpanan memori mimpi menjadi lebih kuat. Hal yang sebaliknya terjadi pada mereka yang cenderung susah bangun tidur.

Jadi, anda termasuk orang yang susah mengingat mimpi atau tidak?