Ini Alasan Mengapa Kita Sering Lupa Dengan Mimpi

doktersehat-kasur-bangun-tidur-sehat-wanita
pic credit: chad rogers

DokterSehat.Com– Cukup banyak orang yang kesulitan untuk mengingat apa yang baru saja diimpikan saat bangun tidur. Padahal, mimpi tersebut bisa jadi sangat menyenangkan atau menarik untuk diceritakan pada orang lain. Sebenarnya, apa sih penyebab kita mudah lupa dengan mimpi?

Dikutip dari Scientific American, sangat wajar jika kita lupa dengan apa yang baru saja kita impikan saat tidur. Bahkan, kita bisa benar-benar sudah lupa saat baru saja bangun tidur. Hal ini ternyata terkait dengan adanya neurochemical yang ada di dalam otak tatkala kita sedang menjalani fase rapid eye movement (REM), fase dalam saat tidur dimana kita bermimpi dan mata bergerak dengan cepat.

Hal lain yang mampu mempengaruhi kemampuan kita dalam mengingat mimpi adalah keberadaan hormon norepinephrine yang ada pada bagian otak bernama korteks serebral, bagian yang berperan besar dalam menyimpan memori, bahasa, dan kesadaran.

Dalam penelitian yang hasilnya dipublikasikan dalam jurnal berjudul American Journal of Psychiatry, disebutkan bahwa hormon neropinephrine memiliki peran besar pada memori manusia, tepatnya dalam memanggil kembali memori tersebut. Sayangnya, hormon ini sepertinya tidak aktif atau jumlahnya sedikit pada saat kita bermimpi atau berusaha untuk memanggil kembali ingatan tentang mimpi tersebut.

Menurut pakar kesehatan, manusia memang cenderung mudah melupakan hal-hal yang dianggap tidak nyata. Sebagai contoh, kita kerap melupakan ide-ide atau gagasan yang terpikirkan saat berada di kamar mandi atau di kendaraan padahal kita sudah berusaha untuk mengingatnya kembali di lain waktu. Namun, manusia justru cenderung mudah mengingat hal-hal yang terkait dengan emosi seperti masalah, pertemuan, atau hal-hal lainnya.

Hanya saja, beberapa mimpi khusus yang biasanya sangat indah atau sangat aneh cenderung masih bisa kita ingat karena benar-benar menarik perhatian dan mampu meningkatkan aktivitas pada bagian dorsolateral prefrontal cortex (DLPFC) dalam otak, bagian yang memfasilitaasi memori kita.

Kalau Sobat Sehat biasanya mudah melupakan mimpi atau tidak?