Ini Alasan Mengapa Kita Bisa Menangis Saat Tertawa

DokterSehat.Com– Menangis biasanya terjadi saat kita berada dalam kondisi sedih, kecewa, atau bahkan marah. Namun, dalam banyak kasus, saat kita tertawa dengan terbahak-bahak, kita juga akan mengeluarkan air mata. Apa penyebab dari keluarnya air mata saat tertawa ini?

Pakar kesehatan di bidang psikologi bernama Robert Provine yang berasal dari Maryland University, Baltimore, Amerika Serikat, menyebutkan bahwa bagian otak yang mengendalikan tangis dan tawa kita ternyata di satu tempat sehingga hal ini bisa memungkinkan untuk terjadi secara bersamaan. Bahkan, dalam beberapa kasus yang jarang terjadi, ada lesi atau jaringan tidak normal pada bagian otak tertentu yang bisa menyebabkan masalah pathological laughter and crying (PLC), sindrom yang membuat penderitanya tidak mampu mengendalikan ekspresi tangis dan tawa.

Jika kita tertawa dengan terbahak-bahak, maka saluran air mata akan ikut tertekan akibat dari terguncangnya tubuh saat kita tertawa. Tekanan inilah yang akan membuat air mata ikut keluar dan membuat kita menangis meskipun kita sedang dalam kondisi masih tertawa dan bahagia. Jadi, bisa kita simpulkan bahwa air mata yang keluar saat tertawa ini disebabkan oleh refleks akibat dari faktor eksternal, bukannya air mata karena emosi. Kondisi air mata yang keluar saat tertawa ini mirip dengan saat mata kemasukan debu.

William Frey, pakar kesehatan dari Minnesota University, Amerika Serikat, menyebutkan bahwa air mata emosional sangatlah berbeda dari air mata yang keluar karena refleks. Air mata emosional ini memiliki kandungan hormon tertentu dalam jumlah yang lebih banyak, khususnya enkephalin leusin yang ternyata bisa menjadi penghapus rasa sakit alami. Hal yang berbeda terjadi pada air mata refleks yang keluar saat kita tertawa yang tidak memiliki manfaat ini.