Terbit: 26 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Ketika melakukan pemeriksaan rutin kehamilan, salah satu hal yang perlu diperiksa adalah berat badan ibu hamil. Berat badan ibu hamil yang naik terlalu banyak dapat menyebabkan risiko bagi kelangsungan hidup bayi.

Ini Alasan Mengapa Ibu Perlu Menjaga Berat Badan saat Hamil

Pengaruh berat badan berlebih bagi kesehatan anak

Banyak ibu hamil yang memilih untuk makan lebih banyak saat hamil karena merasa perlu makan untuk dua orang ketika hamil. Padahal hal ini dapat menyebabkan ibu hamil kelebihan berat badan. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa ibu hamil yang beratnya naik lebih dari angka yang disarankan memiliki risiko untuk memiliki anak gemuk yang memiliki risiko penyakit jantung pada usia 9 tahun.

Penelitian ini dianggap sebagai pemeriksaan pling rinci mengenai hubungan antara berat badan sebelum dan selama kehamilan dengan berat badan semasa kecil dan faktor risiko kardiovaskular. Jika dibandingkan dengan wanita hamil dengan berat badan ideal, ibu hamil dengan berat badan lebih dari anjuran dokter biasanya memiliki anak dengan lingkar pinggang lebih besar, lemak tubuh lebih banyak, indeks masa tubuh lebih besar, tekanan darah lebih tinggi dam tingkat peradangan dalam darah lebih tinggi hingga 15 persen.

Kenaikan berat badan selama hamil adalah cerminan dari bagaimana bayi tumbuh, berapa banyak air yang berada di sekitar bayi, serta berapa banyak sirkulasi ibu dan berapa banyak berat badan atau lemak ibu yang berpengaruh pada bayi. Hal ini dapay berpengaruh pada kesehatan ibu dan bayi selama kehamilan serta kesehatan bayi di masa mendatang.

Berapa jumlah kenaikan berat badan yang disarankan selama hamil?

Angka kenaikan berat badan yang disarankan dapat berbeda-beda bagi setiap wanita, tergantung dari kondisi kesehatan dan berat badan ketika sebelum hamil. Namun secara umum kenaikan berat badan yang aman bagi ibu hamil dapat dirumuskan sebagai berikut:

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku PTH - Advertisement

  • IBM (Indeks Massa Tubuh) di bawah 18,5 harus menambah sekitar 14-20 kg selama hamil
  • IBM 18,5-24,9 harus menambah12-17 kg
  • IBM 25-29,9 menambah 7-12 kg
  • IBM > 30 (obesitas) hanya boleh menambah 5-10 kg

Untuk memastikan kondisi kesehatan ibu dan janin, sebaiknya konsultasikan pada dokter atau ahli gizi mengenai berat badan ideal bagi Anda saat hamil. Jangan lupa perhatikan pola makan dan gaya hidup untuk mencegah berat badan naik berlebihan.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi