Terbit: 23 Maret 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Perubahan bentuk tubuh saat hamil tentu membuat Anda harus lebih berhati-hati saat beraktivitas. Beberapa postur tubuh memang dapat membahayakan kesehatan ibu dan janin selama kehamilan. Lalu, bagaimana dengan membungkuk saat hamil?.

Ini Alasan Ibu Hamil Sebaiknya Tidak Membungkuk Terlalu Lama

Bolehkah membungkuk saat hamil?

Dilansir dari Live Strong, membungkuk saat hamil ternyata tidak berbahaya bagi ibu dan janin, terutama di trimester ketiga. Saat hamil, janin Anda terlindungi oleh cairan ketuban dan otot-otot perut. Namun meskipun tidak berbahaya, membungkuk terlalu lama mungkin akan menyebabkan rasa tidak nyaman dan menimbulkan risiko lainnya.

Bahaya membungkuk terlalu lama saat hamil

Beberapa risiko jika Anda membungkuk terlalu lama saat hamil, antara lain:
1. Risiko jatuh
Salah satu risiko paling berbahaya jika Anda membungkuk terlalu lama saat hamil adalah terjatuh, seperti dikutip dari Mom Junction. Saat jatuh, Anda dapat mencederai perut dan dapat memicu lepasnya plasenta dari dinding rahim. Kondisi ini dapat memicu pendarahan dan keguguran. Ketika memasuki trimester ketiga, risiko ini akan semakin besar karena umumnya dinding rahim semakin menipis dan bayi sudah masuk panggul untuk persiapan kelahiran.

2. Pusing
Posisi membungkuk mengalirkan darah ke kepala sehingga dapat menyebabkan pusing atau gangguan keseimbangan. Pertambahan berat badan juga dapat menyebabkan badan menjadi tidak seimbang sehingga Anda mudah terjatuh.

3. Memicu heartburn
Saat membungkuk, perut akan tertekan dan dapat memicu naiknya asam lambung ke tenggorokan sehingga dada terasa panas dan mulut terasa pahit.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Sensodyne - Advertisement

4. Sakit punggung
Membungkuk juga dapat memberikan tekanan pada punggung sehingga menimbulkan nyeri punggung. Jika Anda memiliki sakit punggung selama kehamilan sebaiknya kurangi membungkuk terlalu lama agar tidak menambah nyeri punggung.

Apa yang harus dilakukan jika harus membungkuk?

Jika Anda benar-benar harus membungkuk dan mengangkat barang selama hamil, sebaiknya Anda mengawalinya dengan berlutut atau menekuk lutut Anda. Posisi ini membantu mengurangi tekanan pada punggung dan perut sehingga membantu Anda lebih mudah untuk berdiri dan melakukan kegiatan selanjutnya.

Selain itu, hindari terburu-buru untuk berdiri atau bangkit karena akan membuat Anda pusing. Angkat barang di bawah perut Anda agar tidak banyak gaya yang melawan gravitasi.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi