Ini Akibatnya Jika Anda Sering Menahan Bersin

cara-mengatasi-bersin-tapi-tidak-jadi-doktersehat

DokterSehat.Com– Bersin sebenarnya adalah proses yang melegakan. Saat bersin, Anda telah melepaskan partikel atau kuman asing yang dapat merusak tubuh. Namun terkadang Anda merasa perlu menahan bersin di saat berada dalam situasi yang tidak mendukung.

Sayangnya, menahan bersin dengan menutup hidung dan mulut secara bersamaan ternyata justru berdampak buruk bagi pernapasan bahkan otak. Beberapa orang pernah dirawat di rumah sakit karena menahan bersin hingga mengalami gendang telinga pecah, pembuluh darah di mata terkoyak, bahkan hingga tulang rusuk retak.

Dilansir dari Telegraph, seorang pria berusia 34 tahun asal Inggris mencoba menahan bersin dengan menutup lubang hidung dan mulutnya. Tak lama kemudian ia hampir tak dapat menelan dan bicara, lalu segera periksa ke rumah sakit.

Dokter yang menangani pria tersebut mengungkapkan bahwa ia mendengar suara aneh dari leher sampai tulang rusuk sang pria. Dari hasil scan menunjukkan bahwa udara dari paru-paru telah menggelembung ke jaringan dalam dan otot dada karena tak mampu keluar. Selama perawatan, pasien tersebut menerima asupan makanan dari selang dan diberi antibiotik intravena sampai rasa sakitnya mereda. Beruntung keadaannya membaik setelah menjalani sepekan perawatan.

Para ahli spesialis THT di University Hospitals of Leicester NHS Trust merilis uraian kondisi pria tersebut dalam BMJ Case Reports. Dalam uraiannya, para ahli mengingatkan bahwa menahan bersin dapat memicu sejumlah komplikasi hingga aneurisma otak yang mematikan.

Penulis utama rilisan tersebut, Dr. Wanding Yang menyebutkan bahwa menghentikan bersin dengan cara menutup lubang hidung dan mulut merupakan gerakan yang berbahaya dan sebaiknya dihindari. Namun, pendapat ini ditentang oleh Dr. Shahz Ahmed, seorang konsulan THT dan ahli bedah dasar tengkorak di University Hospital Birmingham. Seperti dilansir Guardian, Dr. Shahz menyebutkan bahwa jarang ditemui kasus komplikasi dari bersin sehingga tidak ada bukti umum bahwa orang tidak boleh menahan bersin.

Meskipun terdapat pendapat yang bertentangan, para ahli menyarankan bagi Anda yang ingin menahan bersin sebaiknya tidak dengan cara menutup hidung dan mulut secara bersamaan melainkan dengan menggosok hidung atau area di atas bibir, atau bernapas berat melalui hidung.