Ini 5 Tanda Dietmu Mulai Berbahaya!

doktersehat-kanker-mulut-bau-cegukan

DokterSehat.Com– Memiliki tubuh dengan berat badan sesuai keinginan menjadi impian banyak orang. Melakukan diet menjadi salah satu jalan yang dipilih untuk mencapai keinginan tersebut. Tak ayal ada begitu banyak jenis diet yang kita kenal, tidak jarang dari berbagai jenis diet tersebut menjanjikan penurunan berat badan secara pesat dalam waktu yang singkat. Tentu sah-sah saja apabila kita ingin melakukan diet namun ternyata ada beberapa tanda dari tubuh apabila diet yang kita lakukan sudah mulai salah.

Malnutrisi dapat terjadi apabila seseorang melakukan diet secara berlebihan (ekstrem) dalam jangka waktu yang lama. Menurut Dimosthenopoulus pakar gizi dari Laiko University Hospital Greece, tidak adanya asupan makan dalam waktu yang lama dan hilangnya nafsu makan merupakan penyebab utama terjadinya malnutrisi. Umumnya, hal ini sering terjadi di negara-negara maju dan berkembang disebabkan oleh ketidaktepatan dalam melakukan diet penurunan berat badan. Kondisi ini merupakan efek dari adanya gangguan psikologis pada seseorang sehingga timbul kondisi anoreksia. Pada kondisi anoreksia, gangguan psikologis terjadi karena umumnya seseorang merasa bersalah apabila telah makan atau minum sesuatu.

Untuk menghindari terjadinya ketidaktepatan pengaturan diet kita perlu diketahui apa saja hal yang mulai menandai bahwa diet yang kita lakukan mengarah ke malnutrisi. Terdapat lima hal yang mulai menunjukkan gejala klinis terjadinya malnutrsi:

  1. Bagian tubuh seperti tungkai, lengan, dan pantat tampak mengecil
  2. Terjadinya bengkak (edema) pada bagian tubuh
  3. Gangguan di mulut seperti bibir dan gusi bengkak
  4. Kram dan nyeri otot
  5. Kulit kering, terkelupas, pucat, tidak lentur serta rambut berubah warna

Pada pembahasan malnutrisi di bukunya, Dimosthenopoulus menyebutkan bahwa anoreksia merupakan penyebab tersering terjadinya malnutrisi. Kondisi anoreksia sering tidak disadari karena seseorang dalam kondisi tersebut umumnya hanya terfokus dalam menjalankan keinginnya untuk mengurangi berat badan.
Melakukan diet tentu boleh dilakukan namun perlu diingat bahwa setiap hari tubuh selalu membutuhkan energi untuk menjalankan fungsi dasarnya, sehingga setiap hari pula kita harus tetap mencukupi kebutuhan dasar tubuh meski sedang menjalankan diet.