DokterSehat.Com– Pemilihan makanann yang tepat saat menderita gagal ginjal dapat membantu mengurangi tingkat keparahan penyakit gagal ginjal. Untuk itu kita perlu memahami makanan apa saja yang perlu dipilih untuk penderita gagal ginjal.

doktersehat-gagal-ginjal-Hemoialisis-konsultasi

Menurut data dari National Center for Chronic Disease Prevention and Health Promotion CDC, 15% orang dewasa di Anerika diperkirakan mengalami gagal ginjal. Gagal ginjal termasuk salah satu penyakit yang disebabkan berbagai faktor risiko seperti diabetes dan hipertensi.

Kondisi tersebut membuat pemilihan makanan untuk penderita gagal ginjal umumnya lebih ketat. Namun dengan pemilihan makanan yang tepat penyakit gagal ginjal dapat dikurangi keparahannya.
Beberapa makanan yang baik dipilih oleh penderita gagal ginjal berdasarkan data dari National Kidney Disease Education Program adalah:

1. Mempersiapkan makanan yang rendah garam dan natrium

 

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, hipertensi adalah salah satu penyebab gagal ginjal. Makanan yang rendah garam dan natrium akan mengontrol tekanan darah sehingga keparahan penyakit dapat berkurang. Penerapan poin ini dapat dilakukan dengan membatasi penggunaan garam pada masakan dan mengurangi konsumsi makanan dalam kemasan.

2. Pilih jenis dan jumlah protein yang tepat

Protein sangat memengaruhi fungsi kerja ginjal, untuk itu asupan jumlah dan jenis protein harus diperhitungkan dengan tepat agar sesuai dengan kebutuhan tubuh. Proporsi jenis protein hewani atau nabati juga harus diperhatikan karena jika tidak tepat maka akan mempeberat fungsi kerja ginjal.

3. Pilih makanan yang baik untuk jantung

Makanan yang baik untuk jantung akan mendukung pembuluh darah berfungsi lebih optimal. Hal ini dapat dilakukan dengan mengurangi asupan makanan digoreng dan meningkatkan konsumsi sayur buah.

4. Memilih makanan yang rendah fosfor

Makanan yang tinggi fosfor akan menganggu pembuluh darah. Maka dari itu pilih sayur dan buah segar, roti, nasi dan sereal jagung. Sebaiknya hindari susu dan produk susu serta minuman bersoda.

5. Memilih makanan dengan kandungan potasium yang tepat

Makanan yang rendah kandungan natrium/garam biasanya mengandung potasium yang tinggi. Untuk itu selalu perhatikan kandungan potasium dan konsumsi dalam jumlah yang tepat sesuai kebutuhan. Makanan yang rendah potasium adalah apel, wortel dan roti putih.

Pemilihan makanan diatas mampu mencegah tingkat keparahan terjadinya penyakit. Maka dari itu sebelum mengonsumsi atau memmpersiapkan makanan, penderita gagal ginjal sebaiknya memahami 5 poin itu, ya!