DokterSehat.Com– Siapapun pasti tak ingin anaknya jatuh sakit. Namun tidak bisa kita pungkiri bahwa ada saat-saat dimana anak sakit. Misalnya, diare atau demam. Untuk itu kita harus memahami bagaimana pengaturan pola makan anak disaat sakit.

difteri-pada-bayi-doktersehat

Anak yang berusia dibawah dua tahun jika sedang sakit sangat rentan mengalami penurunan berat badan jika asupan makanannya tidak terjaga. Hal ini tentu tidak kita inginkan, asupan makanan anak saat sakit tentu penting untuk kita perhatikan.

Pada usia dua tahun, asupan makanan bisa diperoleh dari ASI, jika ibu masih memberi ASI hingga usia dua tahun, dan MPASI. Pemberian MPASI harus memerhatikan frekuensi, tekstur dan jumlah yang sesuai dengan usia bayi, namun ada beberapa pengaturan makan yang perlu diperhatikan.

Menurut Booklet Pemberian Makanan untuk Anak dan Bayi yang dikeluarkan oleh UNICEF, beberapa pengaturan makan saat anak sakit yaitu:

1.Memberi ASI lebih sering

Jika ASI masih diberikan, maka berikan lebih sering. Saat kondisi sakit ASI dapat melawan panykit, mengurangi berat badan yang turun dan memberikan asupan cairan yang cukup untuk anak.

2.Berikan cairan lebih banyak

Saat sakit kebutuhan cairan anak harus terpenuhi. Selain dari ASI selalu berikan asupan cairan, misalnya air putih, yang lebih banyak dari biasanya untuk anak.

3. Makan lebih banyak

Kita harus mengatur agar asupan anak saat makan menjadi lebih banyak dari biasanya. Meskipun anak rewel, kita diharapkan berusaha dan membujuk agar anak selalu mendapatkan asupan makanan yang cukup.

4. Pilih jenis makanan sederhana

Berikan jenis makanan yang mudah ditelan oleh anak, misalnya bubur dengan telur. Hal ini akan memudahkan anak dalam mengonsumsi sehingga asupan makan anak dapat terjaga,

5. Saat sembuh, tingkatkan porsi makan anak

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, berat badan anak yang turun saat sakit sebaiknya tidak terjadi. Maka dari itu untuk mengejar berat badannya, saat anak sembuh tambahkan satu porsi makanan, jika anak sudah makan padat maka pilih makanan padat, untuk mendapatkan kembali berat badannya saat sakit.

Meskipun anak sedang rewel saat sakit, namun asupan makan anak harus terjaga agar berat badan anak tidak turun. Untuk mencegah hal tersebut cara pengaturan makan tersebut dapat diterapkan, ya.