Terbit: 18 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Kita tentu sering mendengar berbagai jenis minyak dari tanaman atau nabati yang disebut menyehatkan. Ada cukup banyak jenis minyak selain minyak kelapa sawit. Kira-kira minyak jenis apa yang sebaiknya kita pilih?

Ini 4 Jenis Minyak Nabati Yang Menyehatkan

Minyak nabati, baik minyak kelapa sawit, minyak kacang-kacangan atau minyak dari biji-bijian memiliki keunggulan yaitu lebih rendah lemak jenuh. Selain itu minyak nabati umumnya memiliki kandungan fitokimia yang juga baik untuk tubuh.

Maka dari itu, penting bagi kita mengetahui apa saja jenis minyak nabati yang baik untuk tubuh. Dilansir dari Web MD, beberapa jenis minyak yang baik untuk tubuh, adalah:

1. Minyak zaitun

75% kandungan lemak yang ada pada minyak zaitun adalah lemak tidak jenuh jenis MUFA. Penggunaan minyak zaitun mampu mencegah terjadinya penyakit jantung. Umumnya penggunaan minyak zaitun pada masakan adalah untuk metode masak dengan suhu pemanasan yang tidak terlalu tinggi, misalnya menumis.

2. Minyak canola

Minyak canola tinggi akan kandungan omega-3 nabati, kandungan ini mampu mengurangi risiko terjadinya stroke iskemia dan penyakit jantung. Minyak canola bisa digunakan untuk berbagai jenis metode masak misalnya panggang atau campuran sebagai salad buah.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Kids Baby - Advertisement

3. Minyak kacang-kacangan, misalnya minyak dari almond, kacang walnut dan kacang tanah

Hampir seluruh kandungan minyak kacang-kacangan memiliki kandungan lemak tidak jenuh yang lengkap, yaitu PUFA maupun MUFA. Kandungan tersebut mampu mengurangi kolesterol jahat hingga menurunkan kadar kolesterol total tubuh. Minyak kacang-kacangan dapat digunakan untuk menggoreng berbagai jenis camilan misalnya keripik.

4. Minyak biji-bijian, misalnya minyak dari flaxseed atau hemp seed

Minyak biji-bijian kaya akan omega-3 jenis ALA yang mampu mencegah terjadinya inflamasi dan mengontrol tekanan darah. Minyak biji-bijian cocok untuk salad, sup dan olahan berkuah misalnya setup.

Nah, kini Anda sudah tahu apa saja jenis minyak yang menyehatkan. Kira-kira, Anda akan mencoba minyak yang mana?


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi