Terbit: 30 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Dalam dunia kebugaran, terdapat banyak gerakan yang bisa dilakukan. Gerakan-gerakan tersebut memiliki tingkat kesulitan yang berbeda. Maka dari itu, sebagai pemain baru dalam dunia kebugaran harus mengetahui betul jenis-jenis gerakan yang mudah dilakukan dan tetap memberi manfaat bagi kesehatan serta kebugaran tubuh.

Ini 3 Variasi Gerakan Plank yang Cocok untuk Pemula

Salah satu gerakan yang populer dalam dunia kebugaran adalah plank. Ya, plank adalah sebuah gerakan kebugaran yang biasa disebut front hold. Latihan ini tergolong dalam jenis latihan isometrik yang melibatkan kekuatan otot kaki, perut, tangan, dan lengan. Gerakannya serupa dengan push up, hanya saja lebih menggunakan siku sebagai tumpuannya.

Sampai saat ini, plank dipercaya sebagai gerakan kebugaran yang memiliki banyak manfaat kebugaran. Namun, plank sendiri juga terbilang cukup sulit dilakukan bagi pemula karena membutuhkan kekuatan otot. Namun, Anda tak perlu berkecil hati terlebih dahulu. Pasalnya, gerakan plank sendiri memiliki variasi yang bisa dilakukan bagi pemula. Berikut diantaranya:

Elbow Plank Raised Leg

Variasi plank yang satu ini cukup mudah dilakukan, praktiknya Anda hanya perlu melakukan gerakan awal plank. Kemudian, Anda harus mengangkat satu kaki dan mempertahankan gerakan itu beberapa detik. Setelah dirasa cukup pegal, maka gantilah dengan mengangkat kaki yang sebelah. Ingat, badan harus tetap lurus agar melatih otot perut, kaki, serta lengan.

Elbow Side Plank

Dari namanya saja, mungkin Anda sudah bisa menebak gerakannya seperti apa bukan? Ya, Elbow Side Plank merupakan gerakan yang bertumpu pada salah satu lengan bawah dan kaki. Praktiknya, Anda hanya perlu menghadap samping (kanan/ kiri) dengan ditahan oleh siku. Tahan gerakan ini hingga 20 detik dan lakukan bergantian ke arah sebaliknya.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Darlie - Advertisement

Knee Plank

Selanjutnya adalah Knee Plank, yaitu variasi plank yang cukup mudah dilakukan bagi pemula. Gerakannya cukup sederhana, diawali dengan posisi plank seperti biasanya. Lalu tekuk lutu hingga menyentuh matras dan telapak kaki mengangkat. Jadi, tumpuannya adalah kedua lutut. Tahan dan rasakan ketika otot tertarik sekitar 30 detik. Lalu ulangi gerakan ini hingga 10 kali.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi