Terbit: 5 Mei 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Apakah Anda sering mengonsumsi minuman berenergi? Meskipun boleh-boleh saja dikonsumsi namun kita tentu tahu ya bahwa minuman energi tidak boleh diminum terlalu banyak. Lalu, kira-kira adakah penggantinya?

Ini 3 Pilihan Pengganti Minuman Berenergi

Minuman berenergi memiliki kandungan zat yang kafein dan taurin yang cukup tinggi. Selain itu penggunaan gula pada minuman berenergi juga kerap sangat tinggi. Hal inilah yang menyebabkan kita sebaiknya membatasi minum minuman berenergi.

Jika kita ingin mendapatkan manfaat yang mirip dengan minuman berenergi, maka, beberapa minuman atau makanan dibawah ini bisa membantu, yaitu:

1. Minuman berkafein

Kafein disebut mampu meningkatkan performa tubuh. Saat tubuh sedang membutuhkan energi yang cukup tinggi untuk beraktivitas berat, maka minuman berkafein boleh dikonsumsi. Beberapa contoh minuman berkafein adalah kopi, teh dan cokelat.

Namun perlu diingat ya agar kita tidak mengonsumsi minuman berkafein secara berlebihan. Minumlah seperlunya atau paling banyak 1-2 porsi dalam sehari dan tanpa penambahan gula yang terlalu banyak ya.

2. Minuman alami dalam kaleng

Minuman dari olahan buah yang dikemas dalam bentuk kalengan juga bisa menjadi pengganti minuman berenergi lho. Jus buah acai beri atau beberapa jenis saru buah contohnya. Kandungan gula alami dari buah bisa memberikan asupan kalori yang bisa memberikan energi yang cukup untuk tubuh, kan?

3. Makanan berkarbohidrat, sayur dan buah

Ya, makanan tentu bisa menggantikan manfaat dari minuman berenergi. Beberapa pilihan makanan yang bisa dipilih untuk memberikan asupan kalori yang baik adalah roti gandum, buah manis dan sayur-sayuran. Selain itu makanan berprotein seperti ikan dan daging juga akan memberikan energi maksimal untuk tubuh sebelum menjalankan aktivitasnya.

Nah, kini Anda sudah tahu, kan apa saja yang bisa kita konsumsi untuk menggantikan minuman berenergi?


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi