Terbit: 7 Mei 2018 | Diperbarui: 8 Mei 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Hubungan seksual adalah sebuah aktivitas yang penting bagi setiap orang yang telah berumah tangga. Sebab, dengan rutin melakukan hubungan seks, keharmonisan pun akan tetap terjaga. Selain itu, hubungan seksual juga bisa memberikan efek baik bagi fisik serta mental seseorang. Oleh karenanya, tak heran jika banyak pakar seks yang menyarankan agar setiap pasangan melakukan hubungan setidaknya empat kali dalam seminggu.

Ini 3 Masalah Seksual Bagi Pria yang Perlu Anda Ketahui

Tidak semua hubungan seks bisa berlangsung dengan lancar dan memberikan kenikmatan. Pasalnya, ada beberapa kendala yang kerap menjadi polemik di dalam rumah tangga. Salah satunya adalah soal keperkasaan pria yang perlu dipertanyakan.

Ya, seorang pria akan lebih percaya diri ketika dia mampu memberikan kepuasan seksual kepada pasangannya di atas ranjang. Namun, banyak kasus terjadi seorang pria tidak bisa memberikan kepuasan ketika senggama karena beberapa masalah seksual. Apa saja masalah seksual yang biasa dialami oleh pria? Berikut di antaranya:

1. Disfungsi Ereksi

Disfungsi ereksi adalah sebuah penyakit kelamin yang lebih akrab disebut impotensi. Impotensi sendiri ditandai dengan penis yang tidak bisa ereksi walau sudah mendapat rangsangan seksual. Tentunya hal ini bisa membuat kecewa pasangan (istri). Jika dibiarkan begitu saja, maka keharmonisan rumah tangga menjadi ancamannya. Oleh karena itu, segera periksakan kondisi Anda ke dokter untuk mencari solusinya.

2. Ejakulasi Dini

Ejakulasi dini merupakan salah satu masalah seksual yang banyak dialami oleh pria. Ejakulasi ditengarai bisa membuat pasangan kecewa. Sebab, wanita terkenal sulit mendapatkan orgasme sehingga pria harus benar-benar tangguh dan tahan lama di atas ranjang. Ketika Anda mengalami ejakulasi dini, maka segeralah mengubah kebiasaan atau pola hidup yang tak sehat, misalnya merokok atau minum alkohol agar masalah ini tidak menjadi faktor rusaknya keharmonisan rumah tangga.

3. Tidak Bergairah

Saat pengantin baru, boleh saja Anda memiliki gairah yang menggebu untuk melakukan hubungan seksual. Tapi lambat laun, gairah tersebut akan semakin kendur dan bahkan hilang sama sekali. Masalah gairah ini juga sering menjadi faktor runtuhnya keharmonisan rumah tangga. Biasanya gairah yang berkurang dikarenakan oleh faktor ekonomi ataupun pekerjaan.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi