Terbit: 8 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Saat mendengar kata makanan sehat, apa yang terlintas dalam pikiran Anda? Tentu ada sangat banyak makanan sehat yang bisa dengan mudah kita peroleh. Namun, ada pula lo makanan sehat yang juga mudah diperoleh tapi jarang kita konsumsi.

Ini 3 Makanan Sehat yang Jarang Dikonsumsi

Prinsip pola makan yang sehat adalah bervariasi dan seimbang. Maka dari itu tentu penting bagi kita untuk memvariasikan bahan makanan. Memilih makanan yang jarang dikonsumsi tentu bisa menjadi cara agar makanan kita menjadi bervariasi.

Menurut Kathleen Zelman, dietitian dari WebMD, ada cukup banyak bahan makanan kaya gizi yang jarang dikonsumsi. Hal ini disebabkan bahan makanan tersebut belum kerap diolah untuk banyak masakan. Beberapa bahan makanan sehat tersebut adalah:

1. Kacang-kacangan

Umumnya kita hanya mengonsumsi kacang-kacangan sebagai camilan atau saus pada makanan tertentu, misalnya sate atau siomay. Padahal kacang adalah bahan makanan yang tinggi serat, protein nabati dan fitonutrien.

Untuk itu, pilihlah berbagai jenis kacang-kacangan, misalnya kacang tanah, kacang almond atau kacang kedelai sebagai camilan harian, tambahkan kacang dalam salad dan utamakan menggunakan kacang sebagai bahan dalam saus makanan.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku PTH - Advertisement

2. Ubi manis

Ubi manis umumnya hanya diolah menjadi bahan camilan tunggal yang jarang kita konsumsi. Padahal ubi manis memiliki berbagai kandungan gizi yaitu karbohidrat hingga beta karoten yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Olahlah ubi manis lebih sering menjadi mashed atau ubi tumbuk atau goreng menjadi mirip kentang goreng, rasanya tentu sama enaknya namun juga tetap bergizi.

3. Kubis merah

Kubis merah sudah cukup mudah kita peroleh di pasaran. Kubis merah memiliki kandungan vitamin A dan D yang baik. Sama dengan kubis biasa, kubis merah memiliki kandungan serat yang cukup tinggi.

Jika Anda sudah cukup sering mengonsumsi kubis putih, maka kini cobalah mengganti dengan kubis merah, tidak hanya sensasi warna yang berbeda, kandungan gizi ke tubuh juga lebih bervariasi.

Nah, itu dia tiga bahan makanan yang terbukti sehat namun masih jarang dikonsumsi. Kira-kira mana yang akan Anda konsumsi terlebih dahulu?


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi