Ini 3 Cara Sehat “Menggoreng” Makanan Tanpa Minyak

doktersehat-ikan-goreng-bakar

DokterSehat.Com– Jika biasanya Anda menggoreng makanan tanpa minyak, maka kini saatnya Anda mencoba cara baru menggoreng tanpa minyak.

Ya, seperti yang kita ketahui bahwa minyak adalah salah satu bahan makanan yang harus dibatasi, padahal olahan makanan menggunakan minyak tentu sangat nikmat di lidah.

Minyak merupakan bahan makanan yang mampu memberikan rasa gurih yang berbeda pada makanan. Hal inilah yang menyebabkan minyak seakan sulit untuk kita tinggalkan.

Namun kini, kita bisa mengolah makanan menjadi memiliki sensasi gurih mirip dengan makanan yang digoreng dengan minyak. Inilah tiga cara agar kita mendapatkan makanan gurih yang sama dengan makanan yang digoreng:

1. Menumis kemudian memanggang

Mengkombinasikan dua jenis metode masak akan memberikan efek seperti menggoreng. Metode yang bisa kita kombinasikan adalah menumis dan memanggang.

Menumis hanya menggunakan sedikit minyak sehingga asupan minyak tentu lebih sedikit. Dietitian Toby Amidor menganjurkan penggunaan minyak zaitun atau minyak dari biji-bijian untuk menumis makanan yang kemudian akan kita panggang. Hal ini akan memberikan warna kecokelatan pada makanan, efek rasa gurih juga tetap akan kita rasakan, kan?

2. Membakar kemudian memanggang

Mirip dengan poin sebelumnya, penggunaan bumbu kaya rempah pada saat membakar makanan akan membuat bahan makanan menjadi makin gurih. Memanggang makanan setelahnya akan memberi warna kecokelatan pada bahan makanan. Selama memanggang makanan sebaiknya tidak terlalu lama karena kita hanya menginginkan warna dan sensasi kering di bagian luar bahan makanan saja ya.

3. Air fry

Pernah mendengar air frying? Metode ini memberikan efek mirip makanan yang digoreng tanpa menggunakan minyak melainkan udara. Air fry menggunakan alat khusus yang mampu mengatur sirkulasi udara panas hingga mematangkan makanan dengan hasil yang mirip dengan makanan yang digoreng.

Nah, itu dia tiga cara menggoreng makanan tanpa menggunakan minyak. Anda tertarik mencobanya?