Terbit: 7 Mei 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Pernahkah Anda menjumpai seseorang yang banyak makan, tapi badannya tetap kurus? Jika pernah, tentu saja hal tersebut membuat Anda sedikit merasa iri, bukan? Bagaimana tidak, ketika orang lain berusaha menurunkan berat badan dengan cara diet, justru orang tersebut tidak perlu repot-repot diet, malah bisa makan sesuka hati tanpa harus badan menjadi gemuk.

Ingin Tetap Kurus Walau Banyak Makan? Gunakan 3 Tips ini!

Kira-kira apa yang menyebabkan orang tersebut tetap kurus walau banyak makan?

Faktor yang menentukan gemuk atau kurus badan seseorang memang sering disandingkan dengan urusan genetik. Sebenarnya, perlu diketahui terlebih dahulu bahwa setiap orang memiliki berbagai nutrisi dan enzim di dalam tubuhnya. Dilansir dari laman Cosmopolitan, ada sebuah enzim pengatur lemak yang bernama nicotinamide phosphoribosyltransferase atau NAMPT yang letaknya berada di dalam sel-sel lemak. Enzim yang satu ini bertanggung jawab pada risiko kegemukan dari setiap makanan yang dikonsumsi.

Nah, jumlah enzim tersebut berbeda pada setiap orang. Ketika seseorang memiliki jumlah NAMPT yang terkontrol, maka risiko atau kemungkinan obesitas akan berkurang walau banyak makan sekalipun. Namun, tak terbatas dari faktor itu saja. Masih ada cara lain yang bisa dilakukan agar tubuh tetap kurus walau banyak makan. Apa saja tipsnya? Berikut diantaranya:

1. Perbanyak Serat

Ketika seseorang mengonsumsi makanan, maka yang paling utama bekerja dalam memprosesnya adalah lambung dan sistem pencernaan. Ketika makanan yang Anda konsumsi tidak dapat diproses dengan baik, maka makanan tersebut akan menjadi lemak dan menumpuk pada tubuh. Salah satu cara memproses makanan dengan cepat adalah asupan serat. Untuk itu, perbanyaklah mengonsumsi makanan yang kaya akan serat untuk melancarkan proses pencernaan.

2. Rutin Berolahraga

Jika Anda ingin tetap memiliki tubuh kurus walau banyak makan, salah satu caranya adalah dengan rutin berolahraga. Ya, olahraga adalah sebuah aktivitas yang memiliki segudang manfaat bagi tubuh seseorang, tak terkecuali sebagai pembakar lemak. Tidak perlu olahraga berat, olahraga ringan seperti lari ataupun senam yang dilakukan secara rutin dipercaya bisa membakar ratusan hingga ribuan kalori di dalam tubuh.

3. Memperbaiki Metabolisme

Metabolisme adalah proses kimiawi di dalam tubuh seseorang. Banyak yang mengatakan jika metabolisme menentukan berat badan dan hal itu benar. Oleh karenanya, tips agar tetap kurus adalah dengan cara memperbaiki metabolisme tubuh. Salah satu cara memperbaiki metabolisme adalah dengan banyak mengonsumsi air putih. Kemudian, ada beberapa makanan yang dipercaya bisa meningkatkan metabolisme, seperti buah-buahan, sayuran, teh hijau, dan sebagainya.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi