Ingin Sehat, Jangan Sekali-Kali Membawa Barang Ini ke Tempat Tidur!

doktersehat-hp-menyala-saat-tidur

DokterSehat.Com– Pakar kesehatan menyebutkan bahwa ada beberapa barang yang masih sering kita tempatkan di atas tempat tidur yang ternyata bisa menyebabkan datangnya masalah kesehatan. Apa sajakah benda-benda tersebut?

Ponsel
Ponsel masih menjadi benda yang tidak bisa dilepaskan dari genggaman tangan kita. Bahkan, ponsel kini menjadi benda terakhir yang akan kita lihat sebelum tidur. Tak hanya radiasi elektromagnetiknya yang bisa mengganggu fungsi otak, paparan sinar biru dari layar ponsel dan notifikasi dari ponsel bisa menurunkan kualitas tidur dengan signifikan.

Makanan
Jangan sepelekan saran orang tua yang melarang kita untuk makan di atas kasur. Meskipun nyaman untuk dilakukan, dalam realitanya hal ini akan membuat tempat tidur kotor oleh sisa makanan. Hal ini tentu akan mengundang datangnya serangga seperti semut yang bisa menyebabkan gatal-gatal atau masalah kesehatan kulit.

Hewan peliharaan
Pakar kesehatan menyarankan kita untuk tidak membawa hewan peliharaan ke atas kasur, apalagi mengajak mereka tidur bersama. Bisa jadi, hewan peliharaan ini membawa debu, kotoran, serbuk sari, atau meninggalkan bulu-bulu di atas kasur yang bisa menyebabkan alergi.

Pekerjaan
Banyak orang yang sengaja membawa pekerjaannya ke tempat tidur agar bisa menyelesaikannya. Hal ini justru akan membuat kita tidak bisa benar-benar beristirahat meskipun tubuh sudah sangat lelah sehingga kualitas tidur pun akan menurun dengan signifikan.

Buku
Meskipun membaca buku di malam hari bisa membantu kita untuk tidur dengan lebih nyenyak, ada baiknya kita tidak membacanya di atas tempat tidur karena dikhawatirkan kotoran dari buku atau kutu dari buku jatuh ke atas tempat tidur. Selain itu, kebiasaan membaca buku dengan pencahayaan redup di atas kasur bisa membahayakan kesehatan mata.

Barang yang baru dibeli
Banyak orang yang meletakkan barang yang baru dibeli seperti baju di atas tempat tidur untuk sekadar melihatnya. Padahal, bisa jadi barang ini sudah dipegang banyak orang sehingga kaya akan bakteri dan kotoran penyebab penyakit.