Ingin Minum Susu Tapi Takut Gemuk? Ini Solusinya!

Photo Credit : www.pexels.com

DokterSehat.Com– Setiap orang dianjurkan untuk minum susu setiap hari karena susu mengandung nutrisi penting bagi tubuh, seperti vitamin, protein, kalsium, magnesium, fosfor, zinc, mineral, dan lemak. Susu memiliki banyak manfaat diantaranya untuk membantu pertumbuhan dan menopang tulang agar tidak keropos.

Berdasarkan kandungan lemak yang terdapat di dalamnya, produk susu dapat dibedakan menjadi beberapa tipe yaitu susu murni (whole milk), susu kurang lemak (reduced fat milk), susu rendah lemak (low fat milk), dan susu bebas lemak (free-fat Milk) atau susu skim (skim milk).

Namun, sebagian besar orang yang tidak ingin memiliki tubuh gemuk akan menghindari minum susu karena mereka beranggapan bahwa dengan minum susu, tubuh akan menjadi gemuk karena bertambahnya lemak. Tidak sedikit pula orang yang enggan minum susu karena ketakutan akan risiko timbulnya penyakit tekanan darah tinggi dan stroke.

Akan tetapi, Anda tidak perlu khawatir lagi karena ada satu jenis susu yang aman dikonsumsi tanpa harus takut tubuh menjadi gemuk serta terhindar dari resiko tekanan darah tinggi atau stroke. Lalu, jenis susu apa yang harus Anda pilih?

Susu yang bisa Anda pilih untuk dikonsumsi pada saat melakukan program diet adalah susu rendah lemak (low fat milk). Menurut beberapa ahli, susu ini ternyata mengandung berbagai jenis vitamin, salah satunya vitamin D yang dibutuhkan tubuh untuk menurunkan berat badan. Anda bisa mengkonsumsi jenis susu ini setiap hari tanpa takut berat badan akan naik.

Bagi Anda yang memiliki penyakit tekanan darah tinggi, tidak ada salahnya jika mengkonsumsi susu rendah lemak. Salah satu penelitian menunjukkan bahwa susu ini mengandung protein dan kalsium sehingga dipercaya dapat menurunkan tekanan darah.

Jadi, mulai sekarang Anda harus lebih pintar memilih jenis susu yang aman dikonsumsi setiap hari, salah satunya adalah susu rendah lemak ini. Selain dapat menurunkan berat badan, Anda juga bisa terhindar dari risiko timbulnya penyakit tekanan darah dan stroke.