Ingin Mencegah Kanker? Rajin-Rajinlah Melakukan Olahraga Ini

doktersehat-main-basket-tambah-tinggi
pic credit: eric wong

DokterSehat.Com– Tak hanya menjaga pola makan dengan lebih sehat dan menghindari berbagai benda yang bersifat karsinogen, kita juga bisa mencegah datangnya kanker dengan melakukan olahraga. Fakta ini diungkapkan oleh Dr. Inge Haunstrup Clemmension yang berasal dari Copenhagen’s Cancer Foundation, Denmark. Dengan melakukan olahraga-olahraga ini, maka gerakan makanan dalam saluran pencernaan dan usus besar akan menjadi lebih cepat dan akan mencegah kemungkinan agen kanker untuk melekat pada saluran pencernaan.

Basket
Dalam sebuah penelitian yang dipublikasikan hasilnya dalam European Journal of Cancer, disebutkan bahwa rutin berolahrag basket selama 3 minggu saja sudah cukup untuk menurunkan resiko terkena kanker perut sebanyak 20 hingga 40 persen. Hal ini disebabkan oleh kemampuan olahraga ini dalam menurunkan timbunan lemak pada tubuh. Sebagaimana kita ketahui, mereka yang mengalami masalah kegemukan memang cenderung meningkatkan resiko terkena kanker, termasuk kanker payudara dengan signifikan.

Berenang
Penelitian yang dilakukan oleh pakar dari Cancer Cause and Control berhasil menemukan fakta bahwa wanita yang rajin berenang setidaknya sekali dalam sepekan dengan durasi 1 atau 2 jam akan menurunkan resiko terkena kanker ovarium.

Jogging
Olahraga yang mudah dan murah ini jika dilakukan 3 atau 4 kali dalam sepekan dengan durasi 45 menit bisa membuat kita menurunkan resiko terkena kanker dengan signifikan.

Yoga
Tak hanya menyehatkan pikiran, yoga juga mampu mendukung proses detoksifikasi tubuh yang berimbas pada menurunnya resiko terkena kanker.

Menari
Meskipun bukan termasuk dalam aktifitas olahraga, menari akan membuat kita banyak bergerak. Menarilah dengan iringan musik yang kita sukai selama 30 menit setiap hari dan resiko terkena kanker pun akan menurun.

Jadi, siapa bilang mencegah kanker itu sulit? Dengan melakukan olahraga-olahraga yang menyenangkan ini, kita sudah mampu kok mencegah datangnya penyakit yang mematikan ini.