15 Makanan untuk Kesehatan Mata yang Sangat Bagus

buah-untuk-kesehatan-mata-doktersehat

DokterSehat.Com– Sering berada di depan layar komputer atau terlalu lama menatap smartphone Anda? Hati-hati! Itu bisa menurunkan daya penglihatan Anda, lho! Sering terkena radiasi cahaya, terutama dari elektronik membuat mata menjadi kering yang akan mengakibatkan mata perih. Jika merasakan gejalanya, segera atasi dengan makanan dan buah untuk kesehatan mata, seperti yang akan dijelaskan berikut ini.

Makanan untuk Menyehatkan Mata

Nah, untuk memaksimalkan fungsi mata, ada 15 makanan dan buah untuk kesehatan mata yang bisa Anda coba sehari-hari di rumah maupun di tempat kerja:

1. Jeruk

Buah untuk kesehatan mata yang pertama adalah buah jeruk yang mengandung vitamin C, merupakan kunci untuk kesehatan mata. Vitamin yang ditemukan terutama dalam buah-buahan dan sayuran segar, bermanfaat pada pembuluh darah yang nenyehatkan mata.

Bahkan vitamin C dapat memerangi perkembangan katarak, dan bila dikombinasikan dengan nutrisi lainnya dapat mengatasi degenerasi makula terkait usia – penurunan penglihatan.

2. Buah naga

Buah untuk kesehatan mata yang satu ini memiliki bentuk dan warna yang unik, berkulit merah muda dan memiliki sisik besar berwarna hijau cerah. Buah naga adalah keluarga dari tanaman kaktus yan paling berwarna dari keluarga kaktus karena warna daging buahnya berwarna merah dan putih. Ini mengandung banyak vitamin C, yang membantu menyehatkan dan melindungi kornea mata.

3. Srikaya

Buah ini memiliki rasa yang manis dan bertekstrur lembut. Selain vitamin C dan B, buah srikaya juga mengandung kalium. Penelitian menunjukkan makanan kaya kalium ini membantu mengurangi kelebihan cairan di bawah kulit yang menyebabkan mata bengkak.

4. Manggis

Sama seperti jeruk, daging buah untuk kesehatan mata ini dapat dipisahkan menjadi beberapa bagian. Nutrisi yang terkandung termasuk vitamin B kompleks, yang tampaknya mengurangi risiko degenerasi makula di kalangan wanita, menurut sebuah studi baru-baru ini.

5. Nangka

Memiliki kulit yang berduri, buah nangka juga kaya akan vitamin C. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa diet yang kaya akan vitamin C dapat mengurangi risiko katarak dan kehilangan penglihatan karena degenerasi makula.

6. Paprika merah

Makanan untuk kesehatan mata ini memberi Anda banyak vitamin C per kalori. Itu bagus untuk pembuluh darah di mata, dan sains menunjukkan bahwa hal tersebut bisa menurunkan risiko terkena katarak. Vitamin C ditemukan di banyak sayuran dan buah-buahan, termasuk bok choy, kembang kol, pepaya, dan stroberi. Namun bila dimasak telalu panas, akan memecah vitamin C, jadi menikmatinya selagi mentah lebih baik. Paprika berwarna cerah juga mengandung vitamin A dan E yang baik untuk mata.

7. Biji bunga matahari

Sebanyak 1 ons biji-bijian seperti, biji bunga matahari atau kacang almond memiliki setengah dari jumlah vitamin E yang dianjurkan United State Department of Agricultural (USDA) untuk orang dewasa setiap hari.

Sebuah studi besar menemukan bahwa vitamin E, bersama dengan nutrisi lainnya dapat membantu memperlambat degenerasi makula terkait usia Age-related Macular Degeneration (AMD) agar tidak bertambah parah. Makanan untuk kesehatan mata ini juga bisa membantu mencegah katarak. Kacang lainnya seperti hazelnut, kacang polong, dan selai kacang juga merupakan sumber vitamin E.

8. Sayuran hijau

Makanan untuk kesehatan mata selanjutnya adalah sayur terdiri dari kale, bayam, dan sayuran collard, yang kaya akan vitamin C dan E. Sayuran tersebut juga memiliki lutein karotenoid dan zeaxanthin. Bentuk dasar vitamin A ini menurunkan risiko penyakit mata jangka panjang, termasuk Age Macular Degeneration (AMD) dan katarak.

9. Ikan salmon

Retina membutuhkan dua jenis asam lemak omega 3 untuk bekerja dengan benar: Docosehaxaenoic Acid (DHA) dan Eicosapentaenoic acid (EPA). Anda bisa menemukan keduanya dalam ikan berlemak, seperti salmon, tuna, dan trout (ikan air tawar), serta makanan laut lainnya. Omega 3 juga dapat melindungi mata dari AMD dan glaukoma. Tingkat rendah asam lemak ini telah dikaitkan dengan mata kering.

10. Ubi jalar

Makanan yang baik untuk mata terdiri dari buah dan sayuran berwarna oranye, seperti ubi, wortel, melon, mangga, dan aprikot – mengandung beta karoten yang tinggi, suatu bentuk vitamin A yang membantu penglihatan malam hari, kemampuan mata Anda untuk menyesuaikan diri dengan kegelapan.

Ubi jalar bisa menjadi makanan untuk kesehatan mata karena memiliki lebih dari setengah vitamin C yang Anda butuhkan dalam sehari dan sedikit vitamin E.

11. Daging dan unggas

Seng membawa vitamin A dari hati ke retina Anda, di mana itu digunakan untuk membuat pigmen pelindung melanin. Tiram juga menjadi makanan untuk kesehatan mata karena memiliki lebih banyak seng per porsi daripada makanan lainnya, tapi Anda tidak harus mengonsumsi kerang untuk mendapatkan cukup: Daging sapi dan ayam bisa menjadi sumber yang bagus untuk kesetan mata.

12. Kacang-kacangan

Lebih suka pilihan vegetarian, rendah lemak, dan tinggi serat untuk membantu menjaga penglihatan tetap tajam di malam hari dan memperlambat AMD? Buncis juga mengandung seng tinggi sehingga cocok menjadi makanan untuk kesehatan mata, seperti kacang polong hitam, kacang merah, dan kacang lentil. Makan sekaleng kacang panggang juga bagus, lho!

13. Telur

Makanan sehat untuk mata ini adalah paket yang bagus: kandungan seng di dalam telur akan membantu tubuh menggunakan lutein dan zeaxanthin dari kuning telurnya. Warna kuning-oranye dari senyawa ini menghalangi sinar biru berbahaya untuk merusak retina. Mereka membantu meningkatkan jumlah pigmen pelindung pada makula, bagian mata Anda yang mengendalikan penglihatan sentral.

14. Labu

Tubuh Anda tidak bisa membuat lutein dan zeaxanthin, tapi Anda bisa mendapatkannya dari labu. Labu musim panas memiliki vitamin C dan seng. Sementara labu musim dingin atau hujan mengandung vitamin A dan C serta asam lemak omega 3, yang bermanfaat menyehatkan mata.

15. Brokoli dan kubis brussel

Makanan untuk kesehatan mata ini dilengkapi dengan kombinasi nutrisi-nutrisi unggulan lainnya: Vitamin A (seperti lutein, zeaxanthin, dan beta-karoten), vitamin C, dan vitamin E. Mereka semua adalah antioksidan yang melindungi sel-sel di mata dari radikal bebas, sejenis dari molekul tidak stabil yang memecah jaringan sehat. Karena retina sangat rentan.

Tips Menjaga Mata Tetap Sehat

Berikut ini beberapa langkah mudah untuk menjaga kesehatan mata dari berbagai gangguan:

1. Berhenti merokok

Merokok membuat Anda lebih berisiko mengalami katarak, kerusakan pada saraf optik, dan degenerasi makula, di antara banyak masalah medis lainnya. Jika sudah mencoba menghentikan kebiasaan itu sebelum memulai lagi, teruskan saja. Semakin sering Anda mencoba berhenti, semakin besar kemungkinan untuk berhasil. Mintalah dukungan dari orang terdekat atau bantuan dokter.

2. Menggunakan kacamata

Menggunakan kacamata yang tepat akan membantu melindungi mata dari sinar ultraviolet (UV) matahari. Terlalu banyak paparan sinar UV meningkatkan kemungkinan katarak dan degenerasi makula.

Pilih kacamata yang memblokir 99% hingga 100% sinar UVA dan UVB. Lensa sampul membantu melindungi mata Anda dari samping. Lensa terpolarisasi mengurangi silau saat mengemudi.

Jika Anda memakai lensa kontak, beberapa disertai perlindungan UV. Itu masih ide yang bagus untuk memakai kacamata hitam untuk lapisan tambahan.

3. Gunakan kacamata pelindung

Jika menggunakan bahan berbahaya atau udara di tempat kerja atau di rumah, kenakan kacamata keselamatan atau kacamata pelindung.

Olahraga seperti hoki es, badminton, atau olahraga sejenisnya juga bisa menyebabkan cedera mata, untuk itu pakailah pelindung mata. Helm dengan pelindung wajah atau kacamata olahraga dengan lensa polikarbonat akan melindungi mata.

4. Jangat terlalu dekat di depan layar komputer atau smartphone

Menatap layar komputer atau smarphone terlalu lama dan terlalu dekat dapat menyebabkan:

  • Ketegangan mata
  • Pandangan yang kabur
  • Kesulitan fokus pada jarak jauh
  • Mata kering
  • Sakit kepala, leher, punggung, dan nyeri bahu

Bagaimana cara melindungi mata? begini caranya:

  • Pastikan kacamata atau lensa kontak Anda sudah diperbarui dan bagus untuk melihat layar komputer.
  • Jika ketegangan mata tidak hilang, konsultasikan dengan dokter tentang kacamata komputer.
  • Kondisikan posisi layar komputer sehingga mata sejajar dengan bagian atas monitor. Itu memungkinkan Anda melihat sedikit ke bawah pada layar.
  • Cobalah untuk menghindari silau dari jendela dan lampu. Gunakan layar anti-silau jika diperlukan.
  • Pilih kursi yang nyaman dan mendukung. Posisikan agar kaki rata di lantai.
    Jika mata kering, berkediplah lebih banyak.
  • Istirahatkan mata setiap 20 menit. Lihatlah 20 meter selama 20 detik. Beranjak setidaknya setiap 2 jam dan istirahat 15 menit.

5. Pergi ke dokter mata secara teratur

Setiap orang membutuhkan pemeriksaan mata yang teratur, bahkan anak kecil. Ini membantu melindungi penglihatan dan memungkinkan Anda melihat dengan baik.

Pemeriksaan mata juga dapat menemukan penyakit, seperti glaukoma, yang tidak memiliki gejala. Sangat penting untuk mengenali penyakit tersebut sejak dini, ketika penyakitnya lebih mudah diobati.

Tergantung pada kebutuhan kesehatan mata, Anda dapat melihat salah satu dari dua jenis dokter:

  • Ophthalmologists adalah dokter yang mengkhususkan diri dalam perawatan mata. Mereka dapat memberikan perawatan mata secara umum, mengobati penyakit mata, dan melakukan operasi mata.
  • Optometrists telah memiliki 4 tahun pelatihan khusus setelah kuliah. Mereka memberikan perawatan mata umum dan mengobati penyakit mata yang paling umum. Tapi tidak melakukan operasi mata.

Pemeriksaan mata yang komprehensif mungkin termasuk:

  • Berkonsultasi tentang riwayat medis pribadi dan keluarga
  • Tes penglihatan untuk melihat apakah Anda rabun jauh, rabun dekat, memiliki astigmatisme (kornea melengkung yang mengaburkan pandangan), atau presbiopia (perubahan penglihatan terkait usia)
  • Tes untuk melihat seberapa baik mata Anda berfungsi
  • Tes tekanan mata dan saraf optik untuk memeriksa glaukoma
  • Pemeriksaan eksternal dan mikroskopis mata sebelum dan sesudah dilatasi.