Terbit: 27 Februari 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Di musim hujan seperti sekarang ini, keinginan untuk mengkonsumsi gorengan biasanya akan meningkat. Hal ini disebabkan oleh sensasi gorengan yang renyah dan hangat yang sepertinya akan sangat cocok untuk dimakan di saat suhu udara lebih dingin. Yang menjadi masalah adalah, konsumsi gorengan yang kaya akan minyak ini bisa memicu masalah kesehatan seperti radang tenggorokan atau bahkan kolesterol. Lantas, apakah tidak ada cara yang aman untuk mengkonsumsi gorengan?

Ingin Makan Gorengan Tapi Khawatir Bahayanya? Begini Cara yang Aman

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa gorengan memang termasuk dalam makanan yang tidak sehat. Namun, kita bisa meminimalisir bahaya dari gorengan ini dengan melakukan berbagai hal berikut ini.

Membuat gorengan sendiri
Alih-alih membelinya di penjual gorengan yang biasanya memakai minyak goreng berulang-ulang kali hingga warnanya menjadi lebih gelap. Ada baiknya kita membuat gorengan sendiri dengan minyak goreng yang lebih berkualitas. Bahan gorengan juga akan lebih higienis dan gorengan yang kita konsumsi tidak akan dibungkus kertas koran atau tas kresek yang berbahaya jika terkena makanan yang panas.

Menggoreng dengan suhu yang tepat
Jika minyak yang dipakai untuk menggoreng kurang panas, maka gorengan yang kita konsumsi cenderung menyerap minyak tersebut lebih banyak. Sebaliknya, jika minyak terlalu panas, gorengan bisa lebih cepat hangus sehingga bisa menyebabkan munculnya zat karsinogen penyebab kanker.

Selalu memakai minyak baru
Jangan gunakan minyak berulang kali karena bisa membahayakan kesehatan kita. Batas aman penggunaan minyak goreng adalah 3 kali. Setelahnya, minyak akan melepas radikal bebas yang bisa membahayakan kesehatan tubuh.

Menggoreng bahan makanan yang lebih sehat
Kita bisa menambahkan sayuran sebagai bahan bakwan atau tahu isi. Jika perlu, kita juga bisa menggoreng sayuran seperti brokoli. Bahan-bahan ini lebih sehat untuk dikonsumsi jika dibandingkan dengan gorengan biasa. Rasanya juga tak kalah enak kok.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi