Terbit: 10 Maret 2018 | Diperbarui: 9 Maret 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Anda sudah tahu apa itu stanol dan sterol? Stanol dan sterol adalah zat yang bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol total tubuh.Umumnya stanol dan sterol sangat bermanfat untuk beberapa orang dengan penyakit yang disebabkan oleh tingginya kadar kolesterol tubuh. Lalu bagaimana jika kita ingin merasakan manfaat stanol dan sterol untuk menjaga kadar kolesterol?

Ingin Kolesterol Terjaga Dengan Konsumsi Stanol dan Sterol? Begini Caranya

Jika kita sudah mengonsumsi makanan yang bervariasi jenisnya dan seimbang asupan gizinya,kita akan mendapatkan 0,3 mg stanol atau sterol setiap harinya. Angka ini termasuk kecil jika dibandingkan dengan angka yang dianjurkan British Dietitian Association yaitu sebesar 1,5 gram perhari.

Untuk itu ada beberapa cara yang dapat kita lakukan jika kita ingin menjaga kadar kolesterol dengan konsumsi stanol dan sterol. Menurut British Dietitian Association beberapa caranya adalah sebagai berikut:

  • Mengonsumsi bahan makanan yang terfortifikasi stanol atau sterol
  • Cukup sulit jika kita ingin memenuhi kebutuhan stanol dan sterol hanya dari bahan makanan segar. Maka dari itu kita dianjurkan memilih makanan olahan yang difortififikasi kandungan stanol atau sterol. Beberapa bahan makanan tersebut antara lain yoghurt dan susu. Kita dapat mengonsumsi bahan makanan berfortifikasi tersebut sebanyak 1 porsi dalam sehari. Jika tidak ada maka dapat kita peroleh dari 1-2 porsi susu.

  • Mengonsumsi makanan kaya stanol dan sterol di waktu yang tepat
  • Stanol dan sterol akan diserap lebih baik oleh pencernaan jika kita mengonsumsinya pada saat makan. Hal ini disebabkan stanol dan sterol berkerja lebih maksimal jika bercampur dengan bahan makanan lain.

    - Iklan -
    Iklan DokterSehat Farmaku Family Fest - Advertisement

  • Mengatur pola makan dan pola hidup sehat
  • Kita tentu tidak bisa hanya mengandalkan konsumsi dari suatu zat gizi tanpa diimbangi dengan dukungan pola makan dan hidup yang sehat. Penelitian telah menunjukkan bahwa mengonsumsi stanol dan sterol yang diimbangi dengan gaya hidup sehat dapat menurunkan kadar kolesterol tubuh lebih signifikan. Pola hidup yang dimaksud adalah melakukan olahraga yang teratur, pola makan yang kaya serat dari sayur dan buah serta asupan makanan yang rendah asupan lemak jenuh.

Asupan stanol dan sterol dengan tepat akan membantu menjaga kadar kolesterol tubuh namun tentu akan lebih efektif jika diimbangi dengan pola makan dan pola hidup yang sehat.

Bagaiamana, Anda tertarik mencoba mengonsumsi stanol dan sterol?


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi