Terbit: 8 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Menghentikan kebiasaan merokok merupakan suatu hal yang baik. Namun penerapannya tentu tidak mudah karena membutuhkan usaha dalam membiasakan diri. Mencoba rutin sarapan bisa jadi pilihan yang tepat agar kebiasaan merokok bisa berhenti.

Ingin Berhenti Merokok? Biasakanlah Sarapan!

Beberapa studi menyebutkan bahwa perokok cenderung merasa “seakan lapar” akan rokok saat pagi hari. Hal ini yang membuat sarapan disebut mampu mengurangi kebiasaan merokok.

Menurut Nutrition Australia, ada beberapa alasan mengapa sarapan bisa menjadi cara yang tepat untuk berhenti merokok, diantaranya:

1. Tubuh tidak kelaparan

Sarapan akan memenuhi 15-20% kebutuhan harian tubuh. Hal ini tentu sangat lazim jika membuat tubuh menjadi lebih terisi dan akan mengurangi risiko “lapar rokok”.

2. Mengurangi keinginan merokok

Berkaitan dengan poin nomor satu, perut yang terisi akan membuat tubuh lebih kenyang sehingga keinginan merokok akan berkurang karena tubuh sudah merasa penuh.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Family Fest - Advertisement

3. Meningkatkan konsentrasi

Tentu sering kita mendengar bahwa sarapan akan meningkatkan konsentrasi. Hal ini ternyata menjadi sangat penting untuk perokok yang ingin berhenti, di mana fokus, konsentrasi, mood dan emosinya menjadi terkontrol dengan baik sejak awal hari. Hal ini akan menyebabkan keinginan untuk berhenti merokok menjadi lebih kuat sehingga kondisi ini baik untuk mendukung kebiasaan berhenti merokok.

4. Mengontrol berat badan

Merokok kerap dikaitkan dengan gangguan berat badan. Sarapan telah terbukti mampu mengontrol berat badan karena asupan makan lebih teratur dan mengurangi risiko konsumsi makanan yang berlebihan saat makan siang.

Tentu masih ada banyak cara lain yang mampu mengurangi kebiasaan merokok. Mengonsumsi permen atau kacang-kacangan kerap dianjurkan agar perokok tidak lagi terbiasa merokok.

Namun melakukan pola makan yang teratur, seimbang dan bervariasi juga bisa dipilih agar pola hidup sehat yang diinginkan semakin terwujud.

Jadi, jika ingin berhenti merokok, cobalah membiasakan diri untuk sarapan ya.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi